Iklan

Iklan

Tingkatkan Mutu SDM, Pemkab Sinjai Jadikan Pendidikan Sebagai Program Prioritas

16 November 2020, 9:02 PM WIB Last Updated 2020-11-16T13:02:06Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Untuk memajukan pendidikan dan peningkatan mutu SDM yang berkualitas,  tuntunya menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai

Berbagai program di bidang pendidikan telah digelontorkan sejak tahun 2019 mulai dari pembagian seragam sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP beserta perlengkapan sekolah lainnya serta program beasiswa berprestasi kepada mahasiswa asal Sinjai. 

Bukan hanya itu, Pemkab Sinjai juga menyiapkan program bantuan pendidikan berupa biaya penyelesaian studi untuk mahasiswa Strata satu (S1),  Magister (S2) dan program Doktor (S3).

Kasubag Program Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Muh. Adli Arifin saat ditemui,  Senin (16/11/20) menerangkan bahwa selain beasiswa berprestasi,  salah satu program yang juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa asal Sinjai yaitu bantuan penyelesaian studi. 

Bantuan penyelesaian studi ini meliputi bidang akademik,  prestasi olahraga,  IPTEK,  prestasi agama serta bantuan perjalanan studi bidang agama. Adapun pendaftarannya juga berlangsung mulai tanggal 12 hingga 25 november 2020 baik secara online maupun offline. 

Berbeda dibanding program beasiswa berprestasi,  bantuan penyelesaian studi ini hanya dibayarkan satu kali saja saat mahasiswa berada di semester akhir atau pada saat melakukan penelitian akhir. Adapun nilai bantuan sebesar Rp.  3.250.000.

"Jadi misalnya untuk S1, syaratnya mahasiswa saat itu berada di semester 7 atau 8 dan memiliki IPK minimal 3,5. Untuk program Magister, mahasiswa saat berada di semester 3 atau 4 dan IPK minimal 3,7 demikian pula untuk program Doktor, " katanya. 

Untuk bidang keagamaan,  bantuan penyelesaian studi ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi meraih medali emas dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Provinsi.  Di bidang olahraga bagi mahasiswa yang meraih medali emas dalam kejuaraan olahraga tingkat Provinsi. 

Sementara di bidang Ilmu Pengetahun dan Teknologi yaitu diberikan kepada mahasiswa yang meraih medali emas,  perak atau perunggu dalam kejuaraan olimpiade sains atau kejuaraan lainnya yang setara berskala provinsi. 

"Sedangkan untuk bantuan perjalanan studi bidang agama khusus S2 dan S3 diberikan kepada mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi agama di luar negeri. Bantuan pembayarannya berupa tiket pesawat kelas ekonomi dari Makassar ke Tempat tujuan di luar negeri untuk satu kali perjalanan, " tambahnya. (ads)

Komentar

Tampilkan

  • Tingkatkan Mutu SDM, Pemkab Sinjai Jadikan Pendidikan Sebagai Program Prioritas
  • 0

Terkini

Iklan