-->

Iklan

Iklan

DPRD Sinjai Gelar Penandatanganan Nota Kesepakatan APBD Berama Pemda

Redaksi
Senin, 16 November 2020, 9:09 PM WIB Last Updated 2020-11-16T13:09:43Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Agenda kedua dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yaitu Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD perihal Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara tahun 2021, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (16/11/2020).

Dipimpin oleh Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal didampingi Wakil Ketua I DPRD, Sabir, Wakil Ketua II, Mappahakkang serta dihadiri oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Sekda, serta para Asisten Setdakab Sinjai.

Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai ketentuan yang diatur dalam Pasal 17 ayat (2) Peraturan DPRD Tata Tertib ditegaskan satu Fungsi Anggaran DPRD dilaksanakan dengan cara membahas Rancangan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran sementara yang disusun oleh Bupati berdasarkan rencana kerja Pemerintah.

Atas dasar tersebut maka Badan Anggaran DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah telah melakukan Pembahasan terhadap Rancangan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran sementara Tahun 2021 yang dilanjutkan dengan konsultasi Badan Anggaran bersama Komisi-Komisi DPRD untuk memperoleh masukan terhadap program-program yang dipandang urgen untuk diakomodir dalam PPAS Tahun Anggaran 2021.

“Ucapkan terima kasih saya ucapkan kepada seluruh Anggota Komisi I, Il dan III atas masukan yang diberikan kepada Badan Anggaran dalam Rapat Konsultasi dalam rangka penyempurnaan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021, tak lupa kepada Badan Anggaran DPRD saya juga ucapkan terima kasih atas sumbangsih pemikiran yang konstruktif dalam setiap tahapan pembahasan, begitu pun kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil menyusun Dokumen Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2021” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam sambutannya
mengungkapkan KUA disusun untuk sinkronisasi program nasional dan daerah, efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran, dan menjadi dasar dalam penyusunan prioritas dan plafon anggaran, dengan demikian menjadi KUA 2021 dapat mempertegas langkah- langkah yang akan dilakukan untuk pencapaian target yang akan dicapai pada tahun 2021 sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD 2018-2023.

Tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kab. Sinjai TA 2020 yang menjadi acuan nantinya dalam RAPBD adalah “Percepatan Pemulihan Ekonomi, pemerataan pembangunan dan SDM “.

“Melalui tema besar RKPD inilah yang diturunkan dalam Dokumen Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran, atas dasar itu pulalah, maka kebijakan penganggaran diprioritaskan pada pengembangan SDM dan pembangunan infrastruktur, sehingga alokasi anggaran untuk pengembangan SDM (pendidikan) dan infrastruktur menjadi lebih besar” jelasnya.

Turut hadir, para Anggota DPRD Sinjai dan disaksikan secara Vidcon oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, Forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah. (Ads)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPRD Sinjai Gelar Penandatanganan Nota Kesepakatan APBD Berama Pemda

Terkini

Iklan

Iklan