-->

Iklan

Iklan

Tugas Bawaslu di Tengah Pandemi, Abdul Jalil : Pengawas Juga Harus Mengawasi Protokol Kesehatan

rakyatsatu
Selasa, 06 Oktober 2020, 6:29 PM WIB Last Updated 2020-10-21T10:31:07Z


RAKYASTATU.COM, SOPPENG
- Komisioner Bawaslu Soppeng, Abdul Jalil meminta kepada Pengawas bahwa selain mengawasi tahapan, juga harus terbiasa mengawasi penerapan protokol kesehatan.


Hal itu dikatakan Abdul Jalil saat melakukan pertemuan dengan Panwas Kelurahan/Desa, di Hotel ADA, Selasa (06/10/2020).


Dikatakan dia, tepat 11 hari tahapan kampanye berjalan. Ada beberapa Kecamatan yang telah didatangi Paslon untuk melakukan kampanye. Bagi Kecamatan yang belum tersentuh, Abdul Jalil mengatakan harus tetap bersiap.


"Kampanye kali ini memiliki beberapa perbedaan. Secara umum dan normatif dilakukan, namun harus fokus mengawasi dari beberapa sisi. Seperti penerapan protokol kesehatan, dan dugaan-dugaan pelanggaran lainnya," kata Abdul Jalil.


“Jangan sampai kita yang mengawasi, tapi kita sendiri yang tidak menerapkan”, sambungnya. 


Ia mengingatkan untuk menyampaikan ke Panwas Kelurahan/Desa bahkan Pengawas TPS, untuk turut mengawasi penerapan protokol kesehatan. Dalam Peraturan KPU, Bawaslu sendiri diberi kewenangan untuk membubarkan. Namun ada meknaisme tersendiri, paling tidak ada peringatan tertulis yang didahului koordinasi.


Abdul Jalil menambahkan mengenai kampanye dalam bentuk silaturahim. Giat yang tidak terjadwal dan tanpa ada agenda khusus, juga tidak bisa dihalangi. Dengan itu jajaran pengawas selalu diingatkan bahwa apapun bentuk kampanye, penerapan protokol yang terpenting. (**)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tugas Bawaslu di Tengah Pandemi, Abdul Jalil : Pengawas Juga Harus Mengawasi Protokol Kesehatan

Terkini

Iklan

Iklan