Iklan

09/10/20, 12:41 WIB
ADVERTORIALDaerahPemkab SinjaiSINJAI

Sekda Sinjai Terima Audiens APKASI


RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai menerima audiensi dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Ruang Kerja Sekda Sinjai, Kamis siang (08/10/2020).


Kedatangan rombonga dari APKASI ini dterima oleh Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Kesehatan, BKPSDMA dan Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai.


Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan APKASI Himmatul Hasanah menyampaikan, APKASI sebagai organisasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia memiliki visi dan misi strategis bagi daerah yang dituangkan kedalam tupoksi yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut perwakilan APKASI ini memaparkan program unggulan APKASI khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi aparatur daerah.


Dijelaskannya berbagai program yang ditawarkan anatara lain dibidang pendidikan, memfasilitasi peningkatan kemampuan para ASN dan kepala sekolah dalam bahasa Inggris dengan metode cepat dengan menekankan pada kemampuan speaking (berbicara).


“Jadi kita punya program pelatihan belajar bahasa inggris dalam waktu singkat hanya dalam waktu tiga hari. Dalam waktu singkat itu kami punya trik bagaimana cara belajar bahasa inggris dan hanya dalan tiga hari itu bisa langsung berbicara dalam bahasa inggris (speaking),” katanya.


Menurutnya dari hasil audiensi tersebut, pihaknya akan membagi dalam dua angkatan. Masing-masing angkatan untuk aparatur Pemkab mulai dari pejabat eselon II hingga eselon IV, kemudian angkatan kedua khusus Kepala Sekolah SD dan SMP yang ada di Sinjai.


“Tidak menutup kemungkinan jadi tiga angkatan untuk paramedis di Sinjai, apalagi Sinjai sekarang sudah jadi BLUD dan Direktur Rumah Sakit Sinjai merespon baik program ini, ” jelasnya.


Program lain yang ditawarkan APKASI adalah program literasi kependidikan yang mana program ini diselenggarakan dengan menerbitkan majalah nasional “Sahabat Guru”. Media ini sebagai media advokasi bidang pendidikan, khususnya memperjuangkan honor untuk mendapatkan kesejahteraan layak.



Lanjut Himmatul Hasanah, program selanjutnya,peningkatan Imtek dan Pelatihan Tata Kelola Pendidikan/Pemerintahan di Luar Negeri, lebih diutamakan kepada para Guru/ASN di daerah.


“Program ini akan diawali dengan pelatihan Tata Kelola Pendidikan/Pemerintahan di luar negeri dengan tujuan terjalinnya kerjasama positif antar negara demi pendidikan di daerah yang kemudian dilanjutkan dengan ibadah Character Building di Madinah dan Mekkah,” ujarnya.


Terakhir, program di bidang kesehatan yaitu kolaborasi antara APKASI dan asosiasi kepala Dinas Kesehatan seluruh indonesia dalam berbagai program.


Sementara itu Sekda Sinjai Drs. Akbar menyambut baik atas kunjungan serta perhatian APKASI di Kabupaten Sinjai dengan berbagai program.


Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi perhatian dan rencana solusi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Sekolah dalam hal penguasaan bahasa inggris.


“Sedapat mungkin ASN bisa mengikuti pelatihan singkat ini. Jika metode ini berhasil, tentu kedepan kita semakin mudah membangun kolaborasi dengan stakholder dari luar,” ujarnya.


Lebih lanjut Akbar mengatakan, program pelatihan ini penggunaan anggaran bisa bersifat pribadi maupun menggunakan dana APBD, hanya saja jika penggunaan dana APBD harus disesuaikan tingkat kebutuhan dan ketersediaan anggaran yang ada. (Ads)