Iklan

Iklan

Cerdaskan Kehidupan Bangsa Hingga ke Pedesaan "BRAIN' Yon C Pelopor Sambangi Desa Panyili

28 Agustus 2020, 5:35 PM WIB Last Updated 2020-08-28T09:35:11Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Keseriusan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dalam menggalakkan program "BRAIN" (Brimob Ramah Anak Indonesia) untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tampaknya bukan hanya sebuah ekspektasi belaka. 


Wujud keseriusan Yon C Pelopor dalam menjalankan program dari Dankor Brimob Polri pada era adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid 19 ini, terlihat pada kedatangan Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos beserta personel ke Desa Panyili, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Jumat (28/08/2020). 


Tujuan mereka menyambangi desa tersebut adalah memberikan layanan WiFi gratis kepada puluhan pelajar sekolah untuk mendukung kegiatan belajar online yang mereka jalani pada masa pandemi Covid-19.


Bekerja sama dengan PT. Telkom sebagai penyedia layanan WiFi mobile, kedatangan para personel Brimob ini langsung disambut oleh puluhan anak-anak yang antusias mengikuti kegiatan belajar secara online pada tempat yang telah disediakan. 



Menurut keterangan Amina,salah seorang guru yang mengajar di desa tersebut bahwa di desa ini memang belum tersedia layanan WiFi  dan untuk belajar secara online siswa masih mengandalkan quota internet dari telepon seluler  masing-masing bahkan ponsel orang tua mereka.


"Saya sangat mengapresiasi kepedulian Batalyon C Pelopor, yang bekerja sama dengan PT Telkom dalam menyediakan layanan WiFi gratis bagi para siswa di desa ini, karena memang untuk belajar secara online siswa-siswa disini masih sangat terbatas dikarenakan faktor ekonomi dan ketersediaan jaringan yang belum memadai. Berkat program ini siswa dapat mengerjakan tugas sekolah mereka tanpa harus menggunakan kuota internet dari ponsel mereka," ungkap Amina yang hadir pada kegiatan BRAIN ini.


Dalam kegiatan ini hadir pula Danramil 1407/21 Palakka Kapten Chb. Eko Ermawanto, Pasi Min Yon C Pelopor Iptu Muhammad Rais, SH, Account Manager Datel Bone Taharuddin.S,E Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Penyili. Kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan sehingga para pelajar dapat belajar dengan maksimal dan aman dari paparan virus.


Sementara itu saat ditemui oleh awak media di lokasi pelaksanaan BRAIN, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. mengatakan bahwa hak memperoleh pendidikan merupakan hak seluruh warga negara Indonesia baik yang berada di kota maupun yang berada di desa atau pelosok desa.


"Melalui program BRAIN ini, Batalyon C Pelopor berupaya menjangkau anak-anak usia sekolah hingga pelosok di wilayah Kabupaten Bone sebagai bentuk dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," ungkap Ichsan.


"Berdasarkan informasi/laporan dari Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas bahwa anak-anak sekolah di Desa Panyili sangat memerlukan fasilitas Wifi untuk membantu proses belajar online, maka kami tindak lanjuti dengan penyediaan fasilitas wifi mobile untuk anak-anak sekolah di sini karena memang untuk jaringan wifi masih belum ada di desa ini. Tidak hanya itu, kami juga menyiapkan ponsel dan laptop bagi anak-anak yang tidak mempunyai sarana tersebut untuk belajar online," sambungnya.


Di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. juga mengatakan bahwa program BRAIN harus dilaksanakan dengan maksimal, disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing.


"Untuk Program Brimob Ramah Anak Indonesia atau BRAIN ini, saya telah memerintahkan kepada seluruh jajaran Satbrimob Polda Sulsel untuk memprioritaskan pelajar-pelajar yang sangat membutuhkan layanan internet untuk belajar online khusus bagi siswa yang berada di daerah pelosok yang masih minim layanan internet/wifi, sehingga kita dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjaga kondusifitas pendidikan selama pandemi Covid 19," tutup Anis. (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Cerdaskan Kehidupan Bangsa Hingga ke Pedesaan "BRAIN' Yon C Pelopor Sambangi Desa Panyili
  • 0

Terkini

Iklan