-->

Iklan

Iklan

Tak Cukup Sebulan, Sudah Lebih 4000 Ekor Sapi Terdistribusi Keluar Bone

11/07/20, 00:16 WIB Last Updated 2020-07-10T16:16:10Z


Distribusi Sapi Kurban milik peternak Kabupaten Bone yang berlangsung di pasar Hewan Qurban di kawasan Terminal Pette Ponggawae Watampone 


RAKYATSATU.COM, BONE - Tak bisa dipungkiri kalau Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah penghasil sapi terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Hal itu terbukti, menjelang Hari Raya Qurban Idul Adha 1441 H/2020 M, belum cukup sebulan (dari akhir Juli hingga awal Juli 2020) sudah lebih dari 4000 ekor sapi yang terjual terdistribusi keluar Kabupaten Bone dan kesemuanya sapi tersebut merupakan hasil ternak warga Kabupaten Bone.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, dr Aris Handono, mengatakan bahwa target untuk penjualan sapi ternak warga tersebut hingga masuk Hari Raya Qurban (lebaran Idul Adha) berkisar 5000 ekor. 

Tujuan distribusi sapi tersebut, terutama yang dijual di pasar ternak sapi adalah pulau Kalimantan, Kota Makassar dan Malili Kabupaten Luwu Utara dengan harga berkisar Rp15 juta hingga Rp20 juta.

"Saat ini pangsa pasar ternak sapi sangat jelas sehingga perlu ditingkatkan produksi ternak sapi di Kabupaten Bone agar dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan meningkatkan penghasilan masyarakat," harap dr Aris Handono.

Sementara itu salah seorang peternak sapi, Firman warga Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone mengaku sangat bersyukur dengan fasilitas pasar hewan Qurban yang disiapkan Dinas Peternakan Bone, mulai dokumen dan pemeriksaan kesehatan sehingga dapat menjual sapi ternaknya dengan harga yang bagus.

Dari pantauan Rakyatsaru.com, di pasar Hewan Qurban, perlakuan para petugas peternakan sebelum didistribusi sapi warga yang masuk di pasar hewan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan uji sample darah, setelah dinyatakan layak jual baru diangkut keatas kendaraan truk.  (Rasul)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tak Cukup Sebulan, Sudah Lebih 4000 Ekor Sapi Terdistribusi Keluar Bone

Terkini

Iklan