Iklan

Iklan

Pastikan Kondisi Hewan Kurban Sehat, DPKH Sinjai Bentuk Tim Pemantau

03 Juli 2020, 12:59 PM WIB Last Updated 2020-07-03T04:59:40Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI
– Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai telah membentuk tim pemantau untuk mengawasi perdagangan dan distribusi hewan kurban.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan kurban benar-benar sehat dan sudah layak potong (disembelih).

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai drh. Mappamancu saat ditemui, Kamis (2/7/2020) mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim pemeriksa yang diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Sinjai.

“Saat ini kami membentuk tim yang menyebar di setiap kecamatan untuk memeriksa hewan kurban secara gratis, ada 3 sampai 4 petugas di masing-masing kecamatan dan juga di setiap perbatasan ada petugas kami yang memeriksa hewan kurban yang melintas,” katanya.

Pemeriksaan yang dilakukan terbagi dalam dua tahap, yakni ante mortem (sebelum dipotong) dan post mortem (sesudah dipotong). Pemeriksaan sebelum pemotongan berupa kondisi fisik, suhu tubuh, gigi, hidung, mata dan lainnya.

Pemeriksaan post mortem berupa organ dan jerohan seperti hati, paru-paru, ginjal, limpa dan limfoglandula.

Hingga saat ini pihaknya tidak menemukan hewan kurban yang mengalami penyakit atau tidak layak untuk jadikan hewan kurban.

“Untuk di Sinjai kami pastikan aman karena seluruh hewan kurban yang diperiksa tidak ada tanda-tanda yang ditemukan penyakit atau hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan manusia jika mengkonsumsi ternak sapi ternak tersebut, ” kata Mappamancu yang pernah masuk nominasi 15 besar PNS Inspiratif di Indonesia.

Terkait informasi yang beredar bahwa hewan kurban juga dilakukan rapid test atau uji swab. Mappamancu meluruskan informasi tersebut.

“Ada kekeliruan informasi tentang rapid tes atau swab pada sapi, sempat beredar memang informasi itu di kalangan pedagang sapi, akan tetapi itu miss informasi dari sebuah pertemuan yang kebetulan bersamaan antara penyuluhan Covid-19 dan sosialisasi protokol Covid-19 saat pemotongan hewan kurban. Jadi untuk sapi tidak akan diadakan swab atau rapid test, ” pungkasnya. (Ads)

Komentar

Tampilkan

  • Pastikan Kondisi Hewan Kurban Sehat, DPKH Sinjai Bentuk Tim Pemantau
  • 0

Terkini

Iklan