-->

Iklan

Iklan

Pendemi, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai Terus Lakukan Trobosan

Senin, 29 Juni 2020, 3:37 PM WIB Last Updated 2020-06-29T07:37:49Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sinjai mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi agar pelayanan publik tak terganggu. Transformasi ke arah digital itu diakselerasi dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 


Seperti halnya, di gerai perizinan sektor kelautan dan perikanan di Kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara. Sebagaimana diketahui bahwa, gerai perizinan ini merupakan terobosan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama dengan Wakilnya Hj. Andi Kartini Ottong.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Lukman Dahlan menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sinjai memiliki prinsip untuk tetap memberikan pelayanan ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Karena itu, kata Lukman pihaknya tak henti-hentinya menghadirkan terobosan agar pelayanan tetap berjalan dalam situasi bencana non alam ini.


Salah satu inovasi yang dihadirkan sebut Lukman yakni, Cara Kolaboratif, Ramah, Aman melalui WahtsApp dan Loker Andalan (Cakrawala). Dalam model ini, seluruh nelayan pemilik kapal yang sering datang mengurus izin, itu dimasukaan dalam Grup WhatsApp. 


"Jadi nelayan dapat mengajukan permohonan izin melalui Grup WhatsApp yang sudah ada, memang kami memiliki prinsip ditengah pandemi Covid-19 ini kita harus melahirkan inovasi agar pelayanan tetap jalan, salah satunya inovasi yang kami sebut Cakrawala," ungkap Lukman saat ditemui, Kamis (25/6/2020) lalu.


Dengan begitu, tambah Lukman masyarakat tidak perlu datang ke gerai perizinan membawa berkas. Sebab, berkas para masyarakat (nelayan) sudah tersimpan didalam loker yang telah disiapkan. Sehingga, nelayan yang hendak mengurus izin hanya menyampaikan lewat aplikasi WhatsApp lalu petugas hanya mengambil berkas yang ada di loker.


"Insya Allah ini mudah, praktis dan sangat baik untuk masyarakat kita. Ini kami lakukan untuk memudahkan pelayanan, memastikan masyarakat tetap terlayani dengan baik meski ada Covid-19, karena kita mau sama-sama menjaga petugas dan menjaga masyarakat agar pelayan dapat dinikmati tanpa ada rasa was-was, sehingga kita membuat yang lebih praktis," jelasnya.


"Ini juga untuk mencegah penyebaran virus corona karena memperpendek tatap muka dengan warga," tambah Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai ini.


Terpisah, salah seorang Pemilik dan Pengurus Kapal Motor Nelayan (Penongkol), Nasrullah saat ditemui digerai perizinan Lappa mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan PTSP.


"Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah karena telah memangkas pengurusan kami ke Makassar, dan alhamdulilah untuk mencegah penyebaran covid-19 kami kembali diberikan kemudahan dalam pengurusan,"  katanya usai mengambil perpanjangan surat izin penangkapan ikan (SIPI), Senin (29/6/2020).


Sekaitan dengan ivonasi Cakrawala, Nasrullah menyebut langkah tersebut membuat dirinya semakin terbantu, sebab dirinya hanya mengirim permohonan melalui via WhatsApp.


"Kami hanya mengirim permohonan melalui WhatsApp nanti selesai baru kami dihubungi untuk datang mengambil dokumen yang telah selesai, itupun kalau kami datang tetap mengikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak," ujarnya.


"Alhamdulilah kami sangat berterima kasih atas inovasi ini karena ini sangat membantu kami. Mudah-mudahan ini dapat dipertahankan kalau perlu lebih ditingkatkan lagi," tandas Nasrullah.


Diketahui, terobosan gerai perizinan ini telah dilirik oleh sejumlah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. (ads)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendemi, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai Terus Lakukan Trobosan

Terkini

Iklan

Iklan