Iklan

Iklan

Babinsa Koramil 07/TR Kodim 1407/Bone Geruduk Kantor Kelurahan/Desa

18/06/20, 15:31 WIB Last Updated 2020-06-18T07:31:25Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Segenap Bintara Pembina Desa/Kelurahan (Babinsa) Koramil 07 Tanete Riattang yang sekarang naik status menjadi Koramil Model Kodim 1407/Bone mendatangi kantor desa/kelurahan dalam wilayah satuan jajaran Koramil Model Koramil 07/Tanete Riattang yang meliputi Kecamatan Tanete Riattang, Kecamatan Tanete Riattang Barat dan Kecamatan Tanete Riattang Timur.


Kegiatan tersebut merupakan Kegiatan Praktek Lapangan Pendayagunaan Koramil Model Tahun 2020.


Babinsa Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang, Serda Sainuddin, saat ditemui Rakyatsatu.com, di Kelurahan Biru, di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama sepekan yang terdiri dari kegiatan materi dan praktek lapangan.


"Saat ini kami bersama teman-teman Babinsa Koramil 07/Tanete Riattang Kodim 1407/Bone melaksanakan praktek setelah sebelumnya menerima materi pembekalan," ujar Serda Sainuddin, Kamis (18/06/2020).


Lanjutnya, pada kegiatan praktek tersebut, ia bersama para Babinsa Koramil 07/Tanete Riattang Kodim 1407/Bone melakukan pengumpulan data di setiap kelurahan/desa binaan Babinsa.


"Kami praktek pengumpulan data (Puldata) teritorial yang meliputi aspek geografi, demografi, dan kondisi sosial desa/kelurahan. Babinsa harus mngetahui betul wilayahnya dan segenap potensi yang ada dalam desa/kelurahan binaannya termasuk potensi kerawanan. Ibaratnya jarum saja yang jatuh harus ditahu," jelas Serda Sainuddin.


Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesra Kelurahan Biru, Asy'ari Pratama Hadipaty, S.STP, M.Si yang akrab disapa Ririn, mengatakan, kehadiran Babinsa bersama Babinkamtibmas di desa/kelurahan sangat penting.


Pasalnya, keduanya (Babinsa dan Babinkamtibmas) merupakan penggerak dalam hal Kamtibmas dalam suatu wilayah desa/kekurahan maupun hal teknis lainnya.


"Kehadiran dan sinergitas Babinsa dan Babinkamtibmas sangat bermanfaat dan sangat penting bagi pemerintah khususnya pemerintahan desa/kelurahan dalam menjaga Kamtibmas serta sinergitas yang terbina dan terjalin dengan baik dapat membuat dan membantu pemerintah desa/kelurahan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan baik," pungkas Ririn.


Sementara itu, Dandim 1407/Bone, Letkol Inf Mustamin, yang dihubungi secara terpisah mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan ini dapat diambil hikmahnya dan dapat diaplikasikan di lapangan sehingga dapat berguna di dalam kehidupan sehari-hari.


“Untuk mengingatkan kembali sikap teroterial, untuk membentuk watak dan karakter seorang prajurit teritorial, sehingga dapat diimplementasikan dalam bentuk kinerja terbaik untuk masyarakat sekitar wilayah binaannya, sesuai dengan harapan pimpinan TNI AD,” ujar Letkol Inf Mustamin.


Lebih lanjut dikatakan, program seperti ini sangat penting dilaksanakan karena untuk mengingatkan kembali serta membentuk sikap seorang aparat teritorial dan terlebih kepada prajurit yang baru masuk kesatuan teritorial.


“Maka dari itu saya perintahkan untuk para Babinsa agar betul-betul memahami dan mampu mengamalkan atau mengimplementasikan dengan baik di wilayah binaan nantinya,” tegas Letkol Inf Mustamin.


Letkol Inf Mustamin menambahkan agar dalam hal pelaksanaan tugas-tugas teritorial di wilayah pertahanan khususnya di darat agar Babinsa dapat lebih berperan aktif untuk membantu penyelenggaraan dan fungsi pemerintah di daerah dalam rangka mendukung terciptanya percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan yang timbul sehingga dapat memelihara stabilitas keamanan wilayah.



"Dalam kegiatan ini, peserta diberikan materi pembekalan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kondisi wilayah (Kowil) diantaranya pengetahuan teritorial, pengetahuan militer umum, pengetahuan sosial/pendukung dan aplikasi lapangan," pungkasnya. (Rasul)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Babinsa Koramil 07/TR Kodim 1407/Bone Geruduk Kantor Kelurahan/Desa

Terkini

Iklan