Iklan

Iklan

Mobile JKN Faskes Beri Kemudahan Komunikasi Dokter Dengan Peserta JKN

11 Mei 2020, 3:15 PM WIB Last Updated 2020-05-11T07:15:28Z

RAKYATSATU.COM, BONE
– BPJS Kesehatan telah mengembangkan Fitur Mobile JKN untuk Faskes (aplikasi baru) berbasis website (web-based) dan penambahan fitur Mobile JKN untuk peserta yaitu menu Konsultasi Dokter. 


Dengan menu ini peserta dapat berkomunikasi dengan dokter di FKTP tanpa bertatap muka secara langsung sehingga dapat meminimalisir penularan COVID-19 dan penyakit menular lainnya.


“Saat ini, terdapat 4 Dokter Praktek Pratama dan 5 Klinik Pratama yang sudah mengunduh Aplikasi Mobile JKN Faskes. ke depannya seluruh FKTP (termasuk Puskesmas) dapat menggunakan Aplikasi tersebut. Aplikasi Mobile JKN Faskes terdapat 4 menu utama yaitu Daftar Peserta, Contact Rate, Chat room dan jadwal”, jelas Kamaluddin Fakih, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Kantor Cabang Watampone.


Imbuhnya, pada saat wabah seperti saat ini, selain mendukung physical distancing, peserta juga dapat melakukan konsultasi online dengan dokter FKTP melalui aplikasi Mobile JKN pada jadwal online dokter, dan dokter FKTP menerima konsultasi tersebut melalui Mobile JKN Faskes di menu chat room. 


Saat konsultasi Peserta maupun Dokter pun dapat melampirkan foto pada chat tersebut. Konsultasi ini dapat diinisiasi oleh peserta ataupun diinisiasi oleh dokter.


 “Aplikasi Mobile JKN Faskes ini kami rasakan sangat membantu dan lebih memudahkan pasien untuk konsultasi juga pasien lebih terbuka menjelaskan keluhannya karena tidak kontak langsung. Kami juga lebih safety untuk mencegah Corona,” tutur dokter Nuraeni, pimpinan klinik Polkes Denkesyah 07.04.03 Bone.


Adapun manfaat adanya Mobile JKN Faskes bagi peserta JKN sendiri antara lain adalah kemudahan untuk dapat berkomunikasi dengan dokter di FKTP tempat peserta terdaftar melalui menu konsultasi (chat) pada Mobile JKN Peserta, terutama Peserta yang jarang atau tidak pernah memanfaatakn program JKN serta memberikan kesempatan peserta untuk memberikan penilaian (rating) dan umpan balik kepada dokter setelah melakukan kontak online.


Sedangkan manfaat adanya Mobile JKN Faskes bagi Dokter sendiri yaitu kemudahan kemudahan berkomunikasi dan melakukan edukasi kesehatan kepada masing-masing Peserta (personal) melalui menu konsultasi/ chatting serta memperoleh informasi umpan balik dan rating yang diberikan oelh Peserta terhadap layanan kontak online (chatting) yang telah dilakukan.  


Bersumber dari Humas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone, Ndari Tjahjaningsih. (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • Mobile JKN Faskes Beri Kemudahan Komunikasi Dokter Dengan Peserta JKN
  • 0

Terkini

Iklan