Iklan

Iklan

Begini Upaya BPJS Kesehatan Terhadap Kader JKN Guna Tingkatkan Layanan ke Peserta Binaan

18/11/19, 15:24 WIB Last Updated 2019-11-18T07:24:17Z
RAKYATSATU.COM, BONE – Keberadaan Kader JKN saat ini sudah sangat dikenal di masyarakat, sebagai mitra BPJS Kesehatan yang direkrut dari dalam masyarakat sendiri dan telah mempunyai pengalaman aktif pada kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di wilayahnya.

Tentu hal ini semakin mendekatkan Kader JKN dan memudahkan Kader JKN dalam bertugas khususnya pada aktivitas menerima pendaftaran peserta baru peserta program JKN, menerima keluhan peserta, melakukan edukasi serta memberikan informasi kepada peserta.

Sebagai upaya meningkatkan kemampuan Kader JKN dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone melakukan evaluasi kinerja Kader JKN secara rutin tiap bulannya yang dihadiri Hartono Purba, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone.

Selain pemaparan terhadap hasil kinerja bulanan juga dilakukan pembekalan cara mengatasi kendala di lapangan, misal cara berkomunikasi dan bagaimana sikap dalam melayani peserta binaan. Para peserta binaan tersebut adalah peserta program JKN-KIS yang mempunyai tunggakan iuran.

Namun demikian, Kader JKN bukanlah Debt Collector, para Kader JKN adalah mitra BPJS Kesehatan yang berasal dari masyarakat lingkungan setempat dengan harapannya dapat memberikan solusi dan mengedukasi terhadap peserta yang menunggak iurannya.

Bisa saja, peserta binaan tersebut menunggak karena kurangnya pemahaman akan program JKN-KIS ini atau bahkan karena faktor ekonomi. Setiap permasalahan tersebut akan diberikan solusi oleh Kader JKN sehingga peserta JKN KIS tetap dapat mempergunakan kepesertaannya, harapannya di saat sakit tidak perlu khawatir akan biaya pengobatannya.

“ Biasanya yang menjadi keluhan peserta binaan yang saya kunjungi adalah karena kondisi keuangan peserta dan pada pertemuan evaluasi ini kami mendapatkan ilmu bagaimana kiat-kiat kami di lapangan yang seharusnya. Tadi sempat melihat juga sharing video Kader JKN terbaik tingkat nasional, di lapangan kami memang harus dituntut mempunyai pengetahuan terkait program JKN ini, berwawasan luas dan tentu saja sifat sabar kepada peserta binaan,” tutur Nirwana, salah seorang Kader JKN terbaik mitra BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone.

"Seharusnya pertama kali dilakukan sebelum turun ke lapangan adalah melakukan persiapan data peserta binaannya, kemudian saat kunjungan ke rumah peserta binaan agar menciptakan rasa nyaman terlebih dahulu, seorang Kader JKN juga harus berpikiran positif dan percaya diri serta senantiasa berkoordinasi dengan Tokoh Masyarakat dalam melakukan kunjungannya, “ papar Anggrawati, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone dalam penyampaian materi evaluasi Kader JKN.  (Rasul)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Begini Upaya BPJS Kesehatan Terhadap Kader JKN Guna Tingkatkan Layanan ke Peserta Binaan

Terkini

Iklan