Iklan

Iklan

Tingkatkan Hasil Pita Cukai, Dinas Perindustrian Sinjai Latih Industri Rokok

19 Oktober 2019, 10:08 PM WIB Last Updated 2019-10-19T14:08:29Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Sekertaris Kabupaten Sinjai, hadiri pelatihan manajemen kewirausahaan kegiatan pembinaan dan pengembangan industri pengelolaan tembakau pada Dinas Perdagangan, Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral, di Warung Nikmat. Sabtu (19/10/2019).

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan ESDM H. Muh. Ramlan Hamid, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan manajemen kewirausahaan terkait dengan pemanfaatan dana bagi hasil cipta tembakau yang ada di Kabupaten Sinjai, akan melatih industri-industri rokok yang mulai berkembang di Daerah ini.

" Sebenarnya sudah lama, tetapi output untuk Kabupaten khususnya dalam pendapatan Kabupaten bagi hasil kita ini sangat rendah, sehingga kita berupaya untuk tahun ini kita melatih industri yang ada, bagaimana mereka memperoleh pita cukai," Ujarnya

Selain itu, untuk memperoleh hasil maksimal, harus berkolaborasi dan berkordinasi ke Kanwil Bea Cukai di Makassar, untuk menilai dan menfasilitasi industri-industri kecil yang ada di Kabupaten Sinjai untuk menghasilkan cukai.

" Jika hal ini terwujud, Kabupaten Sinjai yang belum pernah ada hasil cukai, bisa  meningkatkan pendapatan Daerah dari dana bagi hasil cukai," ujarnya


Dirinya pun berharap semoga kedepannya dengan menfasilitasi masyarakat, membekali masyarakat dan melihat apa yang masih kurang untuk benahi, sehingga kolaborasi antara Pemerintah dengan industri yang ada, ini bisa menghasilkan pendapatan, bukan saja untuk Pemerintah Daerah tetapi meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya industri tembakau.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar Mu'min, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini melibatkan pemateri dari Provinsi, tentunya ada kolaborasi dan pemahaman khususnya berkaitan dengan pengadaan produktif tembakau.

Dinas Perdagangan, harus menumbuh kembangkan semangat masyarakat untuk melahirkan produksi, yang tentunya produksi itu dapat dijual secara resmi dan nantinya rokok dapat diberikan label cukai, sehingga bisa dijual di Kabupaten Sinjai dan juga diluar Kabupaten Sinjai.

" Dengan adanya seperti ini, tentunya sudah tercapai apa yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati, yaitu menciptakan lapangan kerja dan melahirkan tenaga kerja pemuda untuk bagaimana melihat potensi yang ada di Kabaten Sinjai dari berbagai aspek, sehingga nantinya pendapatan bisa meningkat,"kunci Akbar Mu'min. (Asw/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Tingkatkan Hasil Pita Cukai, Dinas Perindustrian Sinjai Latih Industri Rokok
  • 0

Terkini

Iklan