ads

08 October, 2019

Legislator Bone Harap Sekretaris DPRD Kabupaten Bone Mengerti Akan Tufoksinya

Legislator Bone Harap Sekretaris DPRD Kabupaten Bone Mengerti Akan Tufoksinya
banner 336x280


RAKYATSATU.COM, BONE - Tak lama lagi, Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (AKD) Kabupaten Bone bakal terbentuk. 

Pasalnya, DPRD Kabupaten Bone yang selama ini dipimpin Pimpinan Sementara sejak dilantik beberapa bulan lalu, kini sudah mengumumkan dan menetapkan pimpinan defenitif DPRD Kabupaten Bone.

Penetapan tersebut  melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone Pengumuman dan Penetapan Pimpinan Defenitif, Selasa (08/10/2019), di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone yang dipimpin oleh Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Bone, Bustanil Arifin.

Pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone tersebut, diumumkan dua nama calon pimpinan DPRD Kabupaten Bone yakni dari DPD II Partai Golkar Kabupaten Bone, mengusulkan Irwandi Burhan sebagai calon Pimpinan/Ketua DPRD Kabupaten Bone periode 2019-2024 dan usulan dari DPC Partai Demokrat Kabupaten Bone mengusulkan Indra Jaya sebagai calon Pimpinan DPRD Kabupaten Bone periode 2019-2024.

Dari pantauan Rakyatsatu.com, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone itu, berjalan alot. Di mana Sekretaris DPRD Kabupaten Bone, Abu Bakar, menjadwalkan pengambilan sumpah oleh dua calon Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Bone yakni Andi Wahyudi Takwa (Fraksi PAN) dan H Ramang (Fraksi Gerindra), pada hari Jumat (11/10/2019), namun itu mendapat bantahan dari sejumlah Legislator Kabupaten Bone, dengan alasan terlalu banyak membuang waktu.

"Mengapa Sekretaris DPRD Kabupaten Bone yang harus menentukan jadwal padahal yang bersidang adalah anggota DPRD Kabupaten Bone yang baru bersidang hari ini. Seharusnya Kita yang tentukan waktu, bukan Sekretaris DPRD Bone dan Pengadilan Negeri Watampone. Maka saya harap dilakukan pengambilan sumpah hari Rabu atau hari Kamis (09,10/10/2019), mengapa mesti hari Jumat (11/10/2019)," tegas H Saipullah dari Fraksi Bintang Demokrasi Perjuangan.

"Rakyat sudah menunggu kita bekerja, banyak aspirasi yang harus kita kawal namun terlalu banyak waktu yang terbuang, jadi buat apa harus menunggu sampai hari Jumat," tegasnya lagi.

H Saipullah Latif juga mengkritisi Sekretaris DPRD Kabupaten Bone yang terlalu cepat mengambil keputusan tanpa menunggu hasil Rapat Paripurna, padahal pengambilan keputusan tertinggi ada di Rapat Paripurna.

Sejumlah Legislator mendesak dilaksanakan pengambilan sumpah Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Bone dilaksanakan secepatnya. Bahkan Andi Idris Alang dari Fraksi Golkar mengharap Sekretaris DPRD Kabupaten Bone kedepannya mengerti akan tugas pokok dan fungsi (tufoksi)nya. 

"Biar pak Sekretaris DPRD Kabupaten Bone tidak ke PN Watampone walau hanya menyurat, saya yakin PN Watampone pasti akan melakukan tugasnya mengambil sumpah Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Bone karena ini adalah amanah Undang-undang," tegas Andi Idris Alang.

Sementara itu Sekretaris DPRD Kabupaten Bone, Abu Bakar, mengatakan bahwa, dirinya bersama para Kepala Bagian (Kabag) di Sekretariat DPRD Kabupaten Bone akan bekerja semaksimal mungkin.

Setelah menerima SK Gubernur Sulsel, pihaknya berkoordinasi dengan Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Bone dan tidak ada unsur-unsur untuk mengambil langkah lebih cepat dari Legislator.

"Setelah ada keputusan hari ini, maka ini adalah putusan final yang akan dikoordinasikan ke Ketua PN Watampone untuk pengambilan sumpah pada hari Kamis," ujar Abu Bakar

Jadwal yang direncanakan sebelumnya oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Bone, Abu Bakar, yakni pada hari Jumat (11/10/2019), Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Bone akan diambil sumpahnya dimajukan ke hari Kamis (10/10/2019).  (Rasul)

Don't Miss

News Feed