Iklan

Iklan

Dinas Dukcapil, PP dan KB Lakukan Pembinaan Ketaatan Keluarga di Kota Makassar

03 Oktober 2019, 9:23 PM WIB Last Updated 2019-10-03T13:23:20Z
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Setelah mengunjungi Kabupaten Luwu Utara dan Pangkep, kali ini Dinas Dukcapil, PP dan KB Propinsi Sulawesi Selatan melakukan pembinaan pada kader tribina keluarga di Kota Makassar di Kelurahan Macini Sombala, kamis (3/10/2019)

Pembinaan kali ini difokuskan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader mengenai issu-issu penting yang di hadapi oleh keluarga dalam pembinaan balita, remaja dan lansia.

" Khusus untuk balita, informasi penting yang disampaikan menyakut tetang pemeliharaan seribu hari kehidupan. Sedangkan pada remaja tentang menghadapi persoalan yang berkaitan dengan pendewasaan usia perkawinan dan masalah seksualitas, HIV Aids dan narkoba," Kepala Dinas Dukcapil Sukarniati

" Untuk pembinaan lansia, diarahakan memperkuat keluarga dalam mendorong lansia tetap sehat, tangguh dan mandiri," Sambungnya


Pada kesempatan itu, Sukarniati Kondolele menekankan kelompok tribina agar tidak hanya memperhatikan kuantitas anggota keluarag atau jumlah anak saja, akan tetapi memperioritaskan juga aspek kualitasnya atau kesejahtraan keluarga.

" Jangan hanya memperhatikan kuantitas, tapi harus juga diperhatikan  kelengkapan data-data keluarga seperti akte kelahiran anak, kartu keluarga dan kartu tanda penduduk dan lain-lainnya," katnya


Para Kader Tribina keluarga BKB, BKR, dan BKL pada kesempatan ini mengusulkan program-program inovasi tetang pemberdayaan keluarga melalui kerjasama lintas program dan lintas sektor dengan berbagai istansi seperti penggerkan posyandu, pelaksanaan PAUD, dan konseling kesehatan lansia serta konseling prapernikahan pra remaja.

Sementara itu, Kabid KB Dinas PP & KB Kota Makassar, Samsuddin mengharapkan, pihak OPD provinsi dapat menfasilitasi proses pembinaan yang berkelamjutan supaya para kader dan petugas PPKB memiliki wawasan yang luas dan keterampilan yang cukup dalam mengemban peran kemanusiaannya di masyarakat. (Andi Alim)
Komentar

Tampilkan

  • Dinas Dukcapil, PP dan KB Lakukan Pembinaan Ketaatan Keluarga di Kota Makassar
  • 0

Terkini

Iklan