ads

26 October, 2019

12 Kiat Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Panas

12 Kiat Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Panas
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Cuaca panas masih akan melanda beberapa daerah di Indonesia sampai beberapa hari ke depan. Khusus di Makassar, suhu udara bahkan sampai 35-38 derajat Celsius pada siang hari.

Jika panas begini, tentunya anda harus tahu tips menjaga kesehatan karena cuaca panas sangat rentan menyebabkan kesehatan terganggu.


Panas yang sedang terjadi di beberapa daerah Indonesia mulai dikeluhkan banyak pihak. Hal ini diprediksi masih akan terus berlangsung dalam beberapa hari mendatang. Karena itu, Anda diminta bersiap untuk menghadapinya dengan baik.

Tips menjaga kesehatan saat cuaca panas
Jika sudah begini, Anda harus bisa menjaga kesehatan Anda. Berikut adalah tips agar tubuh tetap dalam kondisi baik saat cuaca sedang tidak bersahabat menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter:


1. Perbanyak asupan air putih, minimal 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi. Hindari konsumsi air teh karena bersifat diuretik, sehingga akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

2. Gunakan pakaian dengan bahan tipis, tidak menyerap panas, longgar, dan berwarna terang atau putih.

3. Memakai pelembab untuk menjaga hidrasi kulit dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Perbanyak asupan sayur dan buah yang tinggi kadar airnya.

5. Jika ada waktu luang, isi dengan beristirahat cukup.

6. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika memungkinkan, cari tempat yang sejuk, teduh, atau ruangan yang memiliki pendingin ruangan.

7. Jika memungkinkan, kurangi aktivitas di luar ruangan antara pukul 11 siang hingga 3 sore. Sebab, pada waktu ini, suhu udara sedang mengalami peningkatan.

8. Anda dapat mandi untuk menyegarkan badan. Namun, jangan terlalu sering saat udara sedang panas karena akan membuat kulit menjadi lebih kering.

9. Hindari makanan tinggi protein karena akan meningkatkan panas di dalam tubuh.

10. Hindari pemakaian kosmetik terlalu tebal karena akan membuat udara terasa lebih panas, terutama di area wajah.

11. Jika sudah terjadi heat cramp atau kondisi kram otot yang menyakitkan, Anda bisa mengatasinya dengan asupan makanan atau minuman yang tinggi garam.

12. Jika terjadi heat exhaustion, segera istirahat di tempat teduh, dinginkan tubuh di lingkungan dengan udara yang sejuk, dan rehidrasi tubuh dengan cairan, lalu segera ke rumah sakit.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas seperti sekarang ini. Kuncinya adalah cukupi cairan dalam tubuh. Selain itu, jika terpaksa berkegiatan di luar ruangan pada siang hari, Anda bisa menggunakan topi supaya kepala tidak langsung terkena paparan sinar matahari.(klikdokter)
Don't Miss

News Feed