Iklan

Iklan

Fenomena Gua Cempalagi dan Hamparan Pasir di Tengah Laut Pesona Tersendiri Bagi Wisatawan di Mallari

25/08/19, 16:18 WIB Last Updated 2019-08-25T08:18:04Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Pesona fanorama alam Kabupaten Bone tidak kalah menarik dengan daerah lain bahkan layak menjadi obyek wisata apabila dikelola dengan baik.

Sebagai daerah maritim, Kabupaten Bone memiliki potensi wisata bahari yang layak jual bagi wisatawan, baik wisatawan lokal, nasional dan mancanegara.

Ada beberapa potensi wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Bone yang jaraknya tidak jauh dari kota Kabupaten Bone, seperti Gusung Bone Tanre kawasan Tangkulara, Cempalagi Mallari Kecamatan Awangpone dan pantai Bira Kecamatan Tonra.

Khusus Gusung Bone Tanre kawasan Tangkulara, menjadi obyek wisata bahari tersendiri bagi para penyelam yang ingin menikmati pesona keindahan laut. Bahkan sudah dua terakhir, tempat ini menjadi lokasi upacara pembentangan Merah Putih terpanjang di Kabupaten Bone.

Sedangkan di Cempalagi Mallari, selain bisa menikmati hamparan pasir pada saat air laut surut, pengunjung dapat pula menikmati Gua Cempalagi (tempat bekas pijakan kaki Raja Bone, Arung Palakka) serta dapat menikmati fanorama keindahan dan suasana Gua Cempalagi yang banyak dihiasi stalaktit dan stalakmit.

Pada hari Minggu ini (25/08/2019), sejumlah wartawan/jurnalis di Kabupaten Bone bersama Staf Dinas Pariwisata Bone, Komunitas Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Sulsel, dan Komunitas LH Kita Sahabat, berweekend di Cempalagi Mallari Kecamatan Awangpone.

Selain menikmati fanorama alam keindahan Cempalagi sebelum memasuki Gua Cempalagi dan menuju hamparan pasir, para pengunjung dapat juga menikmati segarnya buah kelapa muda yang dijajakan masyarakat setempat.

Pemilik Kedai 191 yang juga pembina KPM Sulsel sekaligus kontibutor Metro Tv, Bakhtiar Parenrengi, mengatakan, hampir setiap bulan dalam satu pekan dirinya bersama keluarganya dan para sahabatnya mengunjungi Cempalagi Mallari Kecamatan Awangpone untuk berlibur sambil berwisata.

"Hamparan pasir di tengah laut sungguh indah dan sangat cocok untuk bersantai, terlebih Gua Cempalagi yang menyimpan banyak sejarah perjalanan perjuangan Raja Bone Arung Palakka memerdekakan Kerajaan Bone kala itu dan gua tersebut juga masih menyimpan misteri sejarah yang belum terpecahkan hingga saat ini," tuturnya.

"Di samping itu, di dalam Gua Cempalagi kita dapat menikmati stalaktit dan stalakmit yang sangat susah didapat di daerah lain," tambahnya.  (Rasul)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fenomena Gua Cempalagi dan Hamparan Pasir di Tengah Laut Pesona Tersendiri Bagi Wisatawan di Mallari

Terkini

Iklan