-->

Iklan

Iklan

BPKAD Bone Kumpulkan Camat dan Lurah

17/07/19, 13:31 WIB Last Updated 2019-07-17T05:31:37Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone, memanggil para Lurah se Kabupaten Bone bersama Camat dan Bendahara Pembantu, di Aula BPKAD, Selasa (15/07/2019) kemarin.

Para camat dan lurah serta bendahara pembantu tersebut dikumpulkan untuk diberikan penjelasan dan pemahaman atau sosialisai Peraturan Bupati Bone No 33 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan yang Pendanaannya Bersumber dari Dana Alokasi Umum Tambahan.

Kegiatan yang menghadirkan Kepala ULP Kabupaten Bone, Andi Lanna dan Kabag Pemerintahan tersebut dibuka oleh Kepala BPKAD Kabupaten Bone, Andi Fajaruddin.

Dalam sambutannya, Andi Fajaruddin yang akrab disapa Puang Anca, mengatakan pengelolaan Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan kelurahan, tidak boleh keluar Permendagri No 130 tahun 2018 terlebih Perbub Nomor 33 Tahun 2019.

"Selain itu, harus mengandung unsur pemberdayaan masyarakat," tegasnya.

Ia juga menjelaskan, alokasi anggaran DAU kelurahan yang tersebar di 44 kelurahan tersebut berkisar 21 milyar dari. Ini bersumber dari DAU Murni melalui APBD sekira 5 milyar dan DAU Tambahan dari Pusat sekira 16 milyar.

"Dari DAU murni setiap kelurahan mendapatkan sekira Rp 116 juta yang diperuntukkan untuk mensupport belanja operasional kelurahan seperti pembayaran jasa honor, kepala lingkungan, listrik, telepon dan sebagainya," jelasnya.

Sedangkan DAU Tambahan yang berkisar 16 milyar, setiap kelurahan menerima sekira Rp384 juta. Dana ini untuk mensupport program di kelurahan seperti pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

"Penyalurannya dua tahap yakni tahap I di bulan Januari dan tahap II di bulan Mei dan paling lambat bulan Agustus di tanggal 10. Olehnya itu, saya harap para Lurah bersama bendahara pembantu agar segera mencairkan dana tersebut karena dananya sudah siap di Kas Daerah," ujarnya.  (Rasul)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPKAD Bone Kumpulkan Camat dan Lurah

Terkini

Iklan