Iklan

Iklan

Baru Tiga Kelurahannya ODF, Ini Harapan Camat Tanete Riattang

19/07/19, 14:19 WIB Last Updated 2019-07-19T06:19:26Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Dari delapan (8) kelurahan di wilayah Pemerintahan Kecamatan Tanete Riattang, sampai saat ini baru tiga (3) diantaranya yang dinyatakan kelurarahan Open Defecation Free (ODF).


Ketiga Kelurahan tersebut yakni Kelurahan Biru, Pappolo, Masumpu dan menyusul Kelurahan Walannae setelah dilakukan kegiatan verifikasi ODF tingkat kecamatan di Kelurahan Walannae, Kamis (18/07/2019) kemarin.


Camat Tanete Riattang, Andi Saharudin, M. Si, yang dihubungi Rakyatsatu.com, Jumat (19/07/2019), mengatakan, Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.


Olehnya itu, dirinya terus berupaya semaksimal mungkin menjadikan wilayah Pemerintahan Kecamatan Tanete Riattang menjadi wilayah yang ODF. Salah satunya adalah mendorong Kelurahan Walannae Kecamatan Tanete Riattang menjadi kelurahan ODF.


"Saya mengharapkan peran dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Walannae karena apabila ada komponen yang tidak berperan aktif tentu akan menghambat tercapainya predikat ODF di kelurahan tersebut," harap Andi Saharudin.


Lanjutnya, mengingat jadwal verifikasi kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan Senin depan tentu membutuhkan tenaga extra untuk mencarikan solusi terhadap apa yang menjadi kendala di lapangan.


"Semoga dengan majunya Kelurahan Walannae untuk di verifikasi tingkat kabupaten, memberikan motivasi tersendiri bagi kelurahan yang belum ODF, karena, kelurahan yang telah ODF di Kecamatan Tanete Riattang baru 3 yaitu Biru, Pappolo dan Masumpu, insya Allah menyusul Walannae," tuturnya.


Ia menambahkan, ODF itu memastikan bahwa  Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) kondisi 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.


"Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Makanya wajar jika setiap Kab/Kota ingin mentargetkan semua desanya ODF," ujarnya.


Sementara itu Lurah Walannae Kecamatan Tanete Riattang, Andi Muh Yusuf Mappasabbi, merespon baik kehadiran tim verifikasi ODF di wilayahnya dan berharap menjadi kelurahan yang ODF.


"Saya berharap Kelurahan Walannae berhasil menjadi kelurahan ODF seperti kelurahan/desa yang telah ODF di Kabupaten Bone. Partisipasi aktif dari seluruh lapisan dan elemen masyarakat serta seluruh stakeholder sangat kami harapkan" ujar Andi Muh Yusuf Mappasabbi.


Adapun kekurahan yang ada di Kecamatan Tanete Riattang yakni Kelurahan Biru, Masumpu, Pappolo, Walannae Manurunge, Ta, Bukaka, dan Watampone. (Rasul)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Baru Tiga Kelurahannya ODF, Ini Harapan Camat Tanete Riattang

Terkini

Iklan