Iklan

Iklan

Asisten I Buka Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum PAUD 3013

03 Juli 2019, 2:25 PM WIB Last Updated 2019-07-03T06:25:12Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI -
Pelaksana tugas Asisten Administrasi Pemerintahan, DR. H. Mukhlis Isma,S.Sos,M.Si  mewakili Sekda  menghadiri sekaligus membuka kegiatan Peningkatan kapasitas implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bekerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai dengan Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas yang berlangsung di Hotel Rofina, Rabu (03/07/2019).


DR. H. Marsuki S.Sos, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan pembelajaran kurikulum 2013 PAUD bagi pendidikan PAUD sehingga tujuan pendidikan anak usia dini berkualitas tercapai secara optimal. 


"Meningkatkan mutu pembelajaran bagi PAUD di kabupaten/kota penerima bantuan, setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan guru mampu menguasai konsep dalam implementasi kurikulum 2013 dan mampu melaksanakan tugas sebagai guru kelas sesuai dengan tuntutan standar tingkat pencapaian perkembangan anak, isi, proses pembelajaran, dan penilaian kurikulum 2013",jelasnya.


Peserta kegiatan peningkatan kapasitas implementasi kurikulum 2013 PAUD adalah tenaga pendidikan jenjang PAUD sejumlah 80 orang. 


DR. H. Mukhlis Isma,S.Sos,M.Si membacakan sambutan Sekda  menyampaikan sekarang yang diperlukan adalah optimalisasi peran guru terhadap keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Selain itu juga partisipasi dan keterlibatan semua komponen masyarakat.dunia pendidikan harus fokus mengerahkan sumber daya kependidikan untuk implementasi kurikulum. Guru harus mengikuti perubahan dengan mengubah pola pikiran terbuka terhadap perubahan, guru wajib mengikuti atau disertakan dalam program pelatihan dan pengembangan profesi yang bersifat periodik. 


"Dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Sinjai yakni terwujudnya masyarakat Sinjai yang  berkeadilan dan religius melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, diperlukan keseriusan mengelola sumber daya manusianya.Guru selaku SDM pengelola pendidikan harus mendapat arahan,pendampingan dan motivasi demi peningkatan mutu pendidikan", urainya.


Saat ini kata Dia, pemerintah daerah terus memacu untuk melaksanakan pengembangan dan pembangunan di sektor pendidikan.Salah satu bentuk perhatian di bidang pendidikan sesuai visi dan misi pemerintah daerah adalah penigkatan kompetensi sumber daya manusia dalam hal ini pendidikan dan tenaga kependidikan melalui berbagai pelatihan.pemahaman tentang implementasi kurikulum tersebut dilaksanakan baik melalui penguatan maupun pada kegiatan pemberdayaan guru di gugus PAUD sebagai upaya mempercepat akses penyebar luasan pemahaman kurikulum 2013.


Kedudukan PAUD berperan penting dalam menyiapkan kemampuan dasar anak yang mempengaruhi kemampuan pada tahap selanjutnya oleh karena itu kami mengajak seluruh pihak yang berkepentigan dan peduli dengan dunia PAUD untul saling bersinergi dan bekerja sama memajukan dunia PAUD terutama para pengajar. 


"Pada kesempatan ini saya meminta kepada para peserta kegiatan agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta betul-betul di harapkan menjadi pendidikan yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan,  nilai kultural kemajemukan bangsa dan kode etik profesi," pungkasnya. 


Kegiatan tersebut di hadiri oleh, direktorat jendral PAUD dan dikmas, sekertaris dinas pendidikan kab. Sinjai, para pejabat eselon III dan IV, para narasumber dari diretorat pembina PAUD, ditjem PAUD dan dikmas, serta seluruh peserta. (Ads) 




Komentar

Tampilkan

  • Asisten I Buka Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum PAUD 3013
  • 0

Terkini

Iklan