ads

21 July, 2019

Allo Boyong, Pengrajin Bambu Asal Pauwan Sesesalu

Allo Boyong, Pengrajin Bambu Asal Pauwan Sesesalu
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Seorang pemuda berbakat, Allo Boyong, asal Pauwan, Lembang Sesesalu, Kecamatan Masanda, Kabupaten Tana Toraja, sulap batang bambu menjadi kerajinan yang cantik.

Melihat bakat yang dimiliki Allo, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Masanda, kemudian melakukan capturing karena dinilai memiliki inovasi yang sangat baik untuk dikembangkan.

Allo menceritakan awal mula ketertarikannya saat melihat sumber daya alam seperti bambu yang sangat banyak di kampung, yang tentu bisa dijual untuk menambah pendapatan.

Saat melihat contoh-contoh kerajinan bambu di internet, dirinya pun mulai mencoba dan hasilnya sangat baik. Allo pertama kali membuat alat minum seperti cangkir, nampan dan teko.

"Disini kan banyak bambu, yang menurut orang kampung hanya bisa dibuat pondok. Makanya saya mulai mempelajarinya dari internet kemudian membuatnya perlahan-lahan dan hasilnya disambut baik oleh warga dan beberapa tokoh masyarakat yang berkunjung ke rumah. Sekarang sudah mulai dikenal di tingkat kabupaten," jelasnya.

Salah satu anggota TPID, Rio, mengatakan bakat yang dimiliki Allo ini memiliki inovasi yang sangat potensi untuk dikembangkan. Selain memberdayakan masyarakat lembang, juga memberi ruang lapangan kerja bagi warga yang ingin membuat kerajinan bambu.

Seusai capturing ini, hasil karya Allo pun akan ditampilkan di Bursa Inovasi Desa yang direncanakan akan dilaksanakan pada 27 Juli 2019 mendatang. (Kris)
Don't Miss

News Feed