Iklan

Iklan

Pemda Lelang Danau Tempe, Bupati Berikan Alternatif Pengelolaan Danau Tempe

24 Juni 2019, 2:13 PM WIB Last Updated 2019-06-26T06:14:42Z
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng menggelar acara Pelelangan Danau Tempe tahun 2019 di Aula Kecamatan Marioriawa, Senin (24/06/2019).

Kegiatan Pelelangan yang merupakan kegiatan rutin ini memberikan kesempatan keoada para nelayan untuk mengelolah Danau Tempe yang memiliki luas kurang lebih 3.000 Ha

Bupati Soppeng yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Drs Sarianto, mengemukakan beberapa alternatif penanganan yang diharapkan dapat menyelamatkan Danau Tempe dan Perairan Umum lainnya diantaranya Mengatur volume tangkapan dengan menentukan jumlah tangkapan maksimum tanpa merusak keseimbangan populasi ikan.

Alternatif lainnya, lanjut Sarianto, memberikan motivasi dan membimbing kepada nelayan serta masyarakat disekitar Danau Tempe untuk melaksanakan usaha pembudidayaan ikan.

Memberikan bimbingan teknis kepada Poklahsar dalam upaya peningkatan diverifikasi usaha seperti pembuatan abon ikan, amplang ikan dan bakso ikan dan Melakukan diverifikasi usaha dan penebaran benih ikan (Restocking) setiap tahun dan pada tahun 2019 ini akan dilakukan restocking sebanyak 145.000 ekor benih ikan.

Selain beberapa alternatif diatas, perlu adanya optimalisasi potensi sumber daya perairan yang selama ini hanya dikelola secara tradisional, apabila dikelola secara baik dan bijaksana akan meningkatkan kesejahteraan nelayan, dimana selain dijual segar juga dapat diolah sehingga ada nilai tambah yang didapatkan.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Kapolres Soppeng, Kajari Soppeng, para kepala SKPD se Kabupaten Soppeng, para Camat serta Lurah/ Desa se Kabupaten Soppeng, para Anggota Muspika Kecamatan Marioriawa, Para Nelayan dan tokoh Masyarakat. (Red)
Komentar

Tampilkan

  • Pemda Lelang Danau Tempe, Bupati Berikan Alternatif Pengelolaan Danau Tempe
  • 0

Terkini

Iklan