ads

10 June, 2019

Kerennya Lumbung Jokowi di Paroki Makale, Pastor Yans: Ukiran Jokowi Miliki Makna yang Dalam

Kerennya Lumbung Jokowi di Paroki Makale, Pastor Yans: Ukiran Jokowi Miliki Makna yang Dalam
banner 336x280
banner 336x280

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Toraja pada beberapa bulan lalu, masih menyisakan kisah yang sulit untuk dilupakan dan sangat indah untuk dikenang.


Saat itu, Jokowi sempat mampir di Paroki Makale untuk bertemu dengan tokoh-tokoh agama, yang kemudian menyisakan kesan indah dan diabadikan oleh pihak Paroki Makale, dimana lumbung tempat Jokowi duduk ditetapkan menjadi "Lumbung Jokowi" yang terletak di Kawasan Cielito Lindo Makale, Kabupaten Tana Toraja.


Lumbung tersebut bahkan dihiasi dengan lukisan unik bergambar Presiden Jokowi, yang diukir dengan motif passura' rengko dengan ukuran 52cm x 110cm.


Pastor Yans Sulo Paganna' mengungkapkan ukiran motif passura' rengko ini merupakan sebuah motif yang tidak umum untuk semua masyarakat Toraja dan biasanya digunakan untuk tongkonan tua atau tongkonan besar.


"Lukisan ini, dibingkai kiri dan kanan dengan motif pa'bua kapa',  sebuah motif yang dalam buku saya "Bisikan Suci Passura' Toraya" disebut sebagai motif kesucian dan kelembutan hati. Untuk mengungkapkan bahwa seorang Jokowi adalah seorang yang lembut hati dan suci serta mengabdikan dirinya bagi orang lain,"ungkapnya.


Di atas lukisan ini, juga terdapat satu motif simbol kepemimpinan yang sejati, yakni motif pa'tandukra'pe. Motif ini oleh manusia Toraja ditempatkan dalam makna seorang yang merangkul orang banyak dan mempersembahkannya ke hadapan yang Mahakuasa.

Motif pa'tandukra'pe dalam bingkai lukisan Jokowi hendak menjelaskan bagaimana seorang Jokowi hadir sebagai pemimpin sejati yang melayani rakyatnya dengan pebuh cinta. Di bagian bawah lukisan terdapat motif ukiran Toraja bernama pa'talinga. 


"Inipun dimaksudkan bahwa apa yang di"sabdah"kan oleh Jokowi hendaknya didengarkan dengan baik oleh masyarakat yang dipimpinnya, atau bisa juga diartikan bahwa seorang Jokowi adalah seorang pemimpin yang senantiasa mendengarkan suara dan bisikan rakyatnya dari Sabang sampai Merauke,"tambahnya.


"Bagi Anda yang ingin berfoto di Lumbung Jokowi, kami ucapkan selamat datang dan selamat menimbah energi daripadanya walau sekadar berfoto di lumbung Jokowi. Siapa tahu besok atau lusa anda diberi kesempatan untuk berfoto langsung dengannya,"kunci Pastor Yans. (Kris)



Don't Miss

News Feed