Iklan

Iklan

Bupati Jeneponto Saksikan Apel Kesiapan Latihan Posko I Kodim 1425/Jeneponto

25 Juni 2019, 6:19 PM WIB Last Updated 2019-06-25T10:19:18Z
RAKYATSATU.COM, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Drs Iksan Iskandar turut hadir menyaksikan pelaksanaan Apel Kesiapan Latihan Posko I Ta. 2019 Kodim 1425/Jeneponto yang dipimpin oleh Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho S.Ip, di Aula Serbaguna "VYATI" Kodim 1425/Jeneponto Jln Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Balang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Selasa (25/06/2019).

Adapun Amanat Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno.S.A.P. yang dibacakan oleh Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho S.Ip. bahwa pelaksanaan Latihan Posko I ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi bantuan kepada Pemda, yang meliputi aspek keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, serta tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko dan Kodal Operasi.

Secara spesifik, pelaksanaan Latihan Posko Kodim 1425/Jeneponto yang akan berlangsung selama tiga hari ini, diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan Kodim 1425/Jeneponto dalam rangka membantu Pemda dalam pelaksanaan operasi penanggulangan bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan sebagai salah satu wujud pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Hal ini sesuai dengan Tema "Kodim 1425/Jeneponto Melaksanakan Tugas Perbantuan Kepada Pemerintah Daerah Untuk menanggulangi Bencana Alam Di Wilayah Jeneponto Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Korem 141/Tp"

Untuk itu, melalui Latihan Posko ini, unsur Komandan dan Staf di jajaran Kodim 1425/Jeneponto diharapkan mampu memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam rangka perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan Komando Pengendalian Operasi untuk mengantisipasi berbagai permasalahan dan potensi ancaman yang terjadi di wilayah Kodim 1425/Jeneponto, khususnya ancaman bencana alam.

Tentunya diperlukan perencanaan dan penyiapan yang matang, khususnya dari aparat komando kewilayahan, sehingga saat terjadi ancaman bencana alam atau lainnya, Kodim 1425/Jeneponto mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis di lapangan termasuk masalah tanggap darurat.

Kegiatan tanggap darurat merupakan upaya yang dilakukan sesegera mungkin pada saat kejadian bencana untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan seperti penyelamatan, pencarian korban,
evakuasi, pengelolaan pengungsi, pemetaan masalah, distribusi dan pemulihan kembali wilayah.

Selesai Apel kesiapan dilanjutkan dengan kegiatan latihan posko 1, dengan kegiatan Taklimat Danrem, Tatap Muka1, Ramalan pelibatan, Analisa Tugas Pokok, Rencana Sementara dan Petunjuk Perencanaan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Pabandya Ren Ops Sopsdam XIV/Hsn Letkol Arm Andi Sirfan, Pabandya, Puanter Sterdam XIV/Hsn Letkol Inf Agus Salim.

Dandim 1410/Bantaeng Letkol Kav Nanang Siswoko, Dandim 1411/Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, Dandim 1426/Takalar Letkol Inf lLham Yunus ,S.Sos, Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir, SE.

Hadir pula Kapolres Jeneponto AKBP Hery.S, Kajari Jeneponto Muhammad Nasran SH, Kabak Humas Pemda Jeneponto H. Saifudin, Kasi BPBD Jeneponto Musmuliadi, Kasi Ops Korem 141/Tp Mayor Inf Apriadi, Kasdim 1422/Maros Mayor Inf Ary Eko Pramono, Pasi Log Korem 141 Toddopuli Mayor Inf Baharuddin.

Pasi Ter Kodim 1426/Takalar Kapten Inf Muhammad Nur, Pasi Ops Kodim Gowa Kapten Arm Mahyudin, Pasi per Kodim 1426/Takalar Lettu Inf Hasan Basri, Pasi Ops Kodim 1410/Bantaeng kapten Inf Amran.  (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Bupati Jeneponto Saksikan Apel Kesiapan Latihan Posko I Kodim 1425/Jeneponto
  • 0

Terkini

Iklan