ads

10 June, 2019

Berdayakan Narapidana, Rutan Makale Bentuk Pasukan Merah Putih, Ini Tujuannya

Berdayakan Narapidana, Rutan Makale Bentuk Pasukan Merah Putih, Ini Tujuannya
banner 336x280

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Negeri Makale, Kabupaten Tana Toraja, membentuk Pasukan Merah Putih yang siap diterjunkan ke masyarakat umum.


Pasukan Merah Putih ini merupakan para narapidana yang telah menjalani setengah masa pidananya dan telah memiliki jaminan dari pihak keluarga untuk tidak melarikan diri apabila terjun ke masyarakat umum.


Mereka akan menerima lowongan kerja dari masyarakat yang membutuhkan tenaga buruh bangunan, baik dalam sistem borongan atau gaji harian, tergantung permintaan pemilik bangunan.


Kepala Rutan Kelas IIB Makale, Luther Toding Patandung mengatakan program ini sebagai bentuk pelatihan bagi warga binaannya agar memiliki keterampilan dan siap terjun ke masyarakat tanpa cap napi yang memiliki sisi negatif bagi beberapa masyarakat.


"Ini yang mau kita bentuk, pelatihan dan kesiapan mental bagi warga binaan karena selama ini narapidana selalu dipandang negatif bagi beberapa kalangan masyarakat" ungkap Luther, Senin (10/06/2019).


Selain itu, Luther juga menyebut bahwa pelatihan ini sangat disukai warga binaannya dimana mereka berkesempatan mendapatkan pendapatan bagi keluarga walaupun sedang terpuruk oleh beberapa kasus.


"Mereka sangat senang apalagi beberapa memiliki perekonomian yang minim dalam keluarga, sehingga merasa sangat terbantu,"ujarnya 


Kemahiran para pasukan merah putih dalam bekerja bahkan mendapat banyak pujian dari pemilik bangunan sehingga pihak Rutan kemudian membuka orderan untuk pekerjaan proyek pemerintah daerah.


"Hasil pekerjaan mereka sudah diakui oleh beberapa pemilik bangunan yang telah menggunakan jasa mereka. Para napi tidak seperti yang kita duga bahwa hanya menghabiskan waktu dengan makan tidur tetapi mereka memiliki banyak kegiatan positif dan ini menjadi bekal hidup bagi mereka untuk bertahan hidup,"pungkas Luther. (Kris)




Don't Miss

News Feed