ads

01 May, 2019

Di Rakor iterasi dan Inklusi Keuangan Daerah, Sekda Sinjai Paparkan Program TPAKD

Di Rakor iterasi dan Inklusi Keuangan Daerah, Sekda Sinjai Paparkan Program TPAKD
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR -  Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar, M. Si menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Literasi dan Inklusi Keuangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 bertempat Di Hotel D'Maleo Makassar, Selasa (30/04/2019).

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setdakab Sinjai, Andi Tenri Rawe, S.T, M.Si mengatakan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan oleh Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulawesi Selatan dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Sulawesi Selatan.

Sementara itu Sekda Sinjai mengatakan bahwa materi yang dibawakannya adalah Kebijakan Program TPAKD Kabupaten Sinjai serta Best Practices Implementasi Program dan Konsep Percepatan Akses Keuangan.
Dijelaskannya bahwa ada tiga program kerja TPAKD Kabupaten Sinjai yaitu Program Kemudahan Akses Kredit Bagi Sektor Produksi (Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Industri Rumah Tangga), Program Perlindungan Usaha Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan, serta Program Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan untuk produk KUR dan pengembangan bumdes.

Menurut Sekda, khusus di Sinjai beberapa upaya peningkatan literasi keuangan telah dilaksanakan dan terealisasi dengan baik. Diantaranya lahirnya MoU PT. Jasindo dengan pemerintah daerah serta terbitnya Kartu Tani terbanyak di Sulawesi Selatan.

"TPAKD Sinjai melaksanakan program kerja dengan berbagai langkah strategis yaitu diantaranya membangun sinergitas yang sangat baik dengan pihak perbankan dan asuransi.  Kami juga memperkuat fasilitasi temu koordinasi antar bank dengan UMKM, serta mendorong akselerasi pendataan melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) pemda," terangnya.

Selain Sekda Sinjai, beberapa narasumber yang hadir pada rakor tersebut adalah Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Sulampapua, Dirut PT. Bank Sulsel,  Kepala Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Selatan, serta tim ahli Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulawesi Selatan.

Rakor diikuti oleh para Kabag Ekonomi, jajaran Dinas Peternakan, Dinas Koperasi, serta para operator SIKP seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. (Ian/Hums)

Don't Miss

News Feed