ads

08 March, 2019

Satgas TMMD ke 104 Kodim 1407/Bone Sosialisasi Kawin Suntik Pada Masyarakat

Satgas TMMD ke 104 Kodim 1407/Bone Sosialisasi Kawin Suntik Pada Masyarakat
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Satgas TMMD Ke - 104 Kodim 1407/Bone, yang selama ini fokus disasaran fisik mulai juga menyentuh sasaran non fisik.

Buktinya, beberapa hari yang lalu, ada hal yang sangat menarik seperti di hari biasanya dan membuat masyarakat Desa Lallatang senang dan termotivasi.


Anggota Koramil 1407-14/Libureng Serda Tamiruddin dan Kopda Abd. Azis memberikan sosialisasi manfaat Kawin Suntik dan membantu warga mengawinkan sapi dengan cara Kawin Suntik/ Inseminasi Buatan (IB) milik masyarakat Desa Lallatang, kemudian kegiatan ini sangat direspon oleh masysarakat.


Terutama yang memiliki sapi betina selama ini kesulitan untuk mendapatkan sapi pejantan yang unggul. Selain memberikan Inseminasi Buatan tapi juga memberikan paksin vitamin Biodin, Bkompleks  dan Injekvit - B12 pada ternak yang pasca melahirkan atau sapi yang kurus.


Pasalnya, saat ini jumlah sapi pejantan unggul sangat yang terbatas di Indonesia khususnya di Desa Lallatang sangat kurang, maka ini menjadi persoalan dalam usaha masyarakat setempat untuk meningkatkan jumlah bibit sapi unggul untuk memenuhi penigkatan kesajahtraan perekonomian warga Desa Lallatang.


Oleh karenanya, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin, Sebagai Dansatgas TMMD Ke - 104 Ta. 2019, Wilayah Kodim 1407/Bone, repatnya di Desa Lallatang Kecamatan Duaboccoe Kabupate Bone, mengambil langkah untuk memecahkan persoalan tersebut.

"Kegiatan itu dilakukan karena, saya melihat di daerah ini banyak warga yang memiliki sapi, kemudian saya mendengar dari masyarakat punya kendala untuk mendapatkan sapi pejantan yang lebih bermutu," ujar Letkol Inf Mustamin, Jumat (08/03/2019)

Mutu dan kuantitas produk budidaya ternak sapi sangat dipengaruhi pada mutu bibit yang digunakan, sehingga Letkol Inf. Mustamin berinisiatif membantu masyarakat Desa Lallatang untuk meningkatkan produktivitas budidaya ternak sapi melalui cara Kawin Suntik  Inseminasi (IB)  secara geratis.

Seperti yang dilakukan anggota saya Serda Tamiruddin dan Kopda Abd. Azis yang selama ini sudah kerjasama dengan Dinas peternakan Kab. Bone dalam hal ini Buhari sebagai insiminator Desa Lallatang Pungkasnya.

Salah seorang warga Desa Lallatang, Bennu (65) yang juga salah satu pemilik sapi yang sudah disuntik Kawin Inseminasi Buatan (IB) dan suntik Vitamin merasa sangat senang adanya kegiatan ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Tentara yang sudah datang membangun Desa kami apalagi ditambah dengan kegiatan Kawin suntik Ternak sapi sekaligus kepada kami masyarakat Desa Lallatang," ujar Bennu dengan wajah sumringah. (Rasul)


Don't Miss

News Feed