ads

13 March, 2019

Pengoperasian Perdana, Alat Cuci Darah RSUD Latemmamala Tangani Dua Pasien

Pengoperasian Perdana, Alat Cuci Darah RSUD Latemmamala Tangani Dua Pasien
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng HA Kaswadi memantau pengoperasian perdana alat cuci darah (HD) di unit instalasi Hemodialisis UPTD RSUD La Temmamala, Rabu (13/03/2019).

Alat Cuci Darah (HD) ini digadang-gadang merupakan alat pertama kali dimiliki oleh Rumah Sakit bertipe C, di Sulawesi Selatan.

Bupati Soppeng HA  Kaswadi Razak mengatakan, alat cuci darah ini merupakan janjinya kepada masyarakat Soppeng, meningkatkan fasilitas kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan alat ini, masyarakat bisa terbantu serta mengurangi biaya masyarakat, karena saat ini tidak perlu lagi ke Makassar, karena RSUD La Temmamala sudah menyiapkan," ujarnya.

"Dan alat ini, hanya RSUD Soppeng yang statusya masih tipe C, memilikinya alat cuci darah di Sulawesi Selatan," sambung Bupati.

Sementara itu, Sekertaris RSUD, Yanwar Saiful mengatakan, untuk mengoptimalkan pengoperasian alat cuci darah ini, pihaknya mendatangkan Perawat dari RS Stella Maris, yakni Yuliana Tola'ba, Ns, M.Kep untuk mendampingi para perawat yang akan bertugas di unit cuci darah di RSUD La Temmamala.

"Di unit ini ada dokter dan juga perawat yang sudah bersertifikat intensif ginjal (dialisis intensif) dan sudah mengikuti pelatihan di RS Wahidin Makassar," kata Yanwar.

Dirinya menjelaskan, untuk unit instalasi Hemodialisis ini, dalam sehari bisa melayani hingga empat pasien.

"Dalam sehari, alat ini dapat melayani empat pasien," jelasnya.

Dalam pengoperasian perdana Mesin cuci darah dengan merek " toray" made in japan tersebut, pasien asal Kecamatan Takalalla Sannang, sangat senang alat seperti ini sudah ada di RSUD Soppeng, karena tidak mesti ke Makassar lagi untuk melakukan perawatan cuci darah

"Alhamdulilah, Terimakasih kasih Pemerintah Soppeng yang betul-betul membantu masyarakatnya, biasanya setiap Minggu saya ke Makassar, namun karena sudah ada di Soppeng, saya tidak perlu lagi ke Makassar," ujarnya Sannang.

Selain Sannang, Asriana Warga Jalan Balubu Watansoppeng juga mengungkapkan kegembiraannya adanya alat cuci darah di RSUD La Temmamala Soppeng.

"Sudah satu tahun lebih saya harus bolak-balik ke Makassar, karena sudah ada di Soppeng, beban saya dan keluarga sudah terbantu karena adanya fasilitas ini di RSUD  Soppeng," katanya.

Untuk diketahui, meski masih menyandang rumah sakit tipe C, selain alat cuci darah, Pemerintah Kabupaten Soppeng juga menyiapkan alat CT Scan untuk  para pasien oleh Rumah sakit La Temmamala. (Ilo)
Don't Miss

News Feed