Iklan

Iklan

Selain Bantuan Dana Infrastruktur, Pemprov Juga Serahkan Bantuan Ambulance Untuk Masyarakat Sinjai

28/02/19, 19:53 WIB Last Updated 2019-03-08T03:53:07Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai mendapat bantuan dana dibidang Infrastruktur senilai Rp 40 Milyar dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal itu terungkap pada puncak peringatan Hari Jadi Sinjai ke 455, Rabu (27/02/2019) yang digelar di Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai.

Selain bantuan dana disektor Infrastruktur, Pemprov juga menyerahkan satu unit ambulance darat untuk masyarakat sinjai.

“Saya mewakili Gubernur SulSel menyerahkan satu unit ambulance darat ini. Tahun ini juga, Insya Allah Kabupaten Sinjai juga diupayakan mendapatkan tiga unit ambulance laut, seperti di Kabupaten Pangkep," Kata Wagub SulSel, Andi Sudirman Sulaiman

Untuk bantuan dana disektor infrastruktur ini, Seperti pembangunan jalan, rehabilitasi irigasi dan pertanian yang bersumber dari APBN dan APBD yang nilainya sebesar Rp 40 miliar.

Sementara, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso, menyatakan, mobil ini bukan ambulance biasa. Di atas mobil dapat juga dilakukan tindakan ringan, dan berfungsi sebagai apotek, karena sudah tersedia obat-obatan.

"Ambulance ini untuk penanganan pelayanan kesehatan yang terjangkau di Kabupaten Sinjai, pelayanan penyakit menular, tidak menular, stunting dan gizi buruk/malnutrisi, serta pelayanan kesehatan lainnya," jelasnya.

Pemprov Sulsel juga sedang mengupayakan satu unit ambulance laut, dengan spesikasi kapal cepat mesin tempel dengan daya 400 PK. Ambulance ini dilengkapi sejumlah fasilitas. Seperti ruang tindakan medis dan ruang perawatan, serta alat operasi bedah.

Sementara, fungsinya sama dengan ambulans darat yakni dapat digunakan untuk evakuasi medis, pelayanan darurat, rujukan dan sebagainya. Jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan minimal satu dokter, dua perawat, dan satu bidan. (Ian/Adv)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Selain Bantuan Dana Infrastruktur, Pemprov Juga Serahkan Bantuan Ambulance Untuk Masyarakat Sinjai

Terkini

Iklan