ads

14 January, 2019

Selamat, Bupati Sinjai Atas Pengharagaan Adipura 2018

 Selamat, Bupati Sinjai Atas Pengharagaan Adipura 2018
banner 336x280
Bupati Sinjai, A.Seto Gadhista Asapa, SH saat menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, A.Seto Gadhista Asapa, SH, LLM menerima Piala Adipura tahun 2018 kategori Kota Kecil dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Penerimaan penghargaan berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Senin (14/1).

Sinjai meraih Piala Adipura untuk kedua kalinya, sejak yang pertama diraih pada tahun 2010 lalu.

Dalam acara penerimaan, Bupati didampingi oleh Ketua DPRD Sinjai, Dandim 1424 Sinjai, Kajari Sinjai, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Asisten, serta sejumlah Kepala OPD, dan Camat.

Bupati sangat bersyukur Sinjai meraih Adipura.Ia berharap agar seluruh warga Sinjai senantiasa menjaga kebersihan lingkungan bukan karena untuk meraih Adipura tetapi untuk menjalankan hidup bersih agar senantiasa sehat.

"Gerakan Pasar Bersih (Pabiasai) adalah salah satu program yang kami canangkan bagi seluruh pasar di Kabupaten Sinjai, kami harap semakin mendorong warga untuk menjaga kebersihan pasar dan lingkungan sekitar," jelasnya.

Program Adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan) yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan  prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Di awal tahun 2019 ini, pemerintah memberikan anugrah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan yang terdiri dari satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 Plakat Adipura serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan melalui program Adipura, pemerintah kota dan kabupaten diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100% pada tahun 2025 dan menjadi salah satu strategi nasional pengelolaan sampah 2025 dengan cepat dan terukur sebagaimana diamanatkan oleh Perpres no.97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah.(Asdar/Hms)
Don't Miss

News Feed