Empat Perwiranya Dimutasi, Kapolres Bone Bilang Begini
Cari Berita

Advertisement

Advertisement

Empat Perwiranya Dimutasi, Kapolres Bone Bilang Begini

Rakyat Satu
04 January, 2019

 RAKYATSATU.COM, BONE - Empat perwira dalam jajaran Polres Bone bergati atau kena mutasi. Pelaksanaan upacara serah terima jabatan keempat perwira tersebut dilaksanakan di lapangan tenes Mapolres Bone, Jl MH Thamrin Watampone, Kamis (03/01/2019), dipimpin Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, SH, S.Ik, MH.

Keempat perwira tersebut yakni Kabag Ops Polres Bone Polda Sul Sel, Kompol Asrofi, digantikan Kompol H Syamsu Alam. Kompol Asrofi kini menjabat Kabag Ops Polres Bantaeng Polda Sul Sel.

Kasat Reskrim Polres Bone Polda Sul Sel, AKP Dharma P Negara, digantikan Iptu Muhammad Pahrun. AKP Dharma P Negara kini menjadi Kasat Reskrim Polres Pinrang Polda Sul Sel.

Kasat Lantas Polres Bone Polda Sul Sel, AKP Muh Yusuf, digantikan oleh AKP Muh Thamrin. AKP Muh Yusuf kini menjadi Kasat Lantas Polres Wajo Polda Sul Sel.

Kapolsek Tonra Polres Bone Polda Sul Sel, AKP Ramli R Asuna, diganti oleh Iptu H Suharto. AKP Ramli R Asuna kini menjadi Kapolsek Polebungin Polres Selayar Polda Sul Sel.

Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim dalam amanatnya pada upacara serah terima jabatan tersebut mengatakan, pergeseran atau mutasi di lingkungan organisasi Polri merupakan hal yang lumrah dan wajar yang harus dilakukan karena didalamnya terkandung esensi dan makna yang sangat mendasar bagi perkembangan organisasi ke arah yang lebih maju. Sedangkan bagi pejabat yang bersangkutan merupakan sesuatu hal yang sangat berarti bagi pengembangan kariernya kedepan.

"Kita menyadari bagi penyelenggaraan proses mutasi jabatan personel Polri yang bermutu dan profesional tidaklah mudah namun kita percaya bahwa dengan komitmen yang tinggi dan dukungan dari jajaran akan dapat diatasi dengan bijak dan konsisten karena penerapan sitem manajemen maka dalam proses mutasi jabatan adalah untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan harapan individu dengan kebutuhan organisasi Polri," ujarnya.

Lanjutnya, kondisi dan tantangan tugas di wilayah hukum Polres Bone dan jajarannya dihadapkan pada situasi yang semakin berat dan kompleks dengan kondisi masyarakat saat ini yang semakin sadar dan faham tentang eksistensi, tugas serta peranan Polri yang sesungguhnya. Disisi lain masyarakat juga telah berperan menjadi kontrol sosial dalam pelaksanaan tugas-tugas Polri.

Di mana masyarakat saat ini telah mampu menilai sekaligus mengkritik kinerja Polri yang dianggap menyimpang dari tugas pokoknya sebagai penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sehingga diharapkan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari dituntut untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, proporsional dan prosedural, dipercaya masyarakat, menjunjung tinggi hukum dan hak asasi manusia.

Dengan demikian penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang konsisten pengukuran kinerja yang teratur agar dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian tidak mendapat komplain dari masyarakat dan tujuan akhir dari semua ini adalah tumbuhnya kepercayaan dan simpati masyarakat.

Wujud komitmen Pimpinan Polri saat ini adalah melakukan revitalisasi dan reformasi Polri guna menjamin keberlanjutan kebijakan dan program yang sudah dilakukan. Beberapa program prioritas yang berkaitan dengan penataan manajemen SDM Polri utamanya pada program mengenai implementasi struktur organisasi Polri dan perubahan manset dan cultureset Polri serta pengembangan pelayanan sistem manajemen SDM berbasis manajemen kinerja dan pengembangan informasi dan teknologi kepolisian.

Dalam kaitan dengan revitalisasi dan reformasi Polri bahwa salah satu upaya reformasi Polri yang diharapkan oleh berbagai pihak adalah menguasai dan menerapkan profesionalisme dalam tugasnya, mulai dari meningkatkan kapabilitas personel dan pemgambilan keputusan dalam organisasi serta obyektifitas dalam penanganan kasus-kasus kejahatan, memperkuat kode etik profesionalisme kepolisian, meluruskan prilaku para anggota Polri, dan kedak efisienan dan ketidakdisiplinan personel.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat yang lama beserta ibu atas dedikasinya dalam memimpin kesatuannya dan atas keberhasilan tugas sesuai dengan bidang dan fungsinya yang telah membantu kami dalam melaksanakan tugas kepolisian yang penuh rasa tanggungjawab tanpa mengenal lelah. Selanjutnya, saya beserta staf dan seluruh jajaran Polres Bone mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru dan semoga sukses selalu," pungkasnya. (Rasul)