Iklan

Iklan

11 Tempat Wisata Alam di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

13 Januari 2019, 11:44 AM WIB Last Updated 2019-01-13T03:45:05Z
RAKYATSATU.COM - Jika berkunjung ke Sulawesi Selatan sangat di sayangkan jika anda tidak mengunjungi salah satutempat wisata alam yang sangat menabjubkan ini.

Provinsi yang terletak di bagian selatan, pulau Sulawesi ini merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dengan berbagai keindahan pariwisatanya. Banyak tempat wisata di Sulawesi Selatan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga,  Sulawesi Selata wajib menjadi salah satu tujuan yang patut untuk anda pertimbangkan.

Berikut daftar 11 wisata alam di sulawesi selatan


1. Pantai Losari
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Pantai Losari


Siapa yang tidak mengenal keindahan pantai losari. Pantai ini sudah terkenal di berbagai kalangan sebagai salah satu ikon kota Makassar yang indah dan wajib untuk dikunjungi ketika pergi ke Makassar.

Pantai ini selain indah juga berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya. Jika biasanya anda mengenal pantai dengan keindahan dan kelembutan pasirnya maka di pantai ini anda tidak akan menemukan pasir akan tetapi beton di tepian pantainya.

Meskipun tidak mempunyai pasir sebagai tempat bersantai dan bermain, pantai ini menyajikan berbagai kegiatan yang tak kalah menyenangkan. Anda dapat memancing, naik banana boat atau sepeda air, berlayar dengan perahu dan lain sebagainya.

Selain itu anda dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise ataupun menikmati keindahan sunset sambil mencicipi berbagai sajian kuliner yang ditawarkan.

2. Taman Nasional Bantimurung

Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Taman Nasional Bantimurung


Taman nasional yang terletak di kabupaten Maros atau kurang lebih 45 km dari pusat kota Makassar ini sangat terkenal sebagai kerajaan kupu-kupu. Terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu yang ada di sana sehingga kupu-kupu dijadikan maskot Taman Nasional Batimurung ini. Sehingga anda tidak hanya akan disajikan dengan panorama keindahan alam yang menawan akan tetapi juga akan menambah pengetahuan anda.

Taman dengan luas mencapai 43.750 ha ini selain terkenal dengan jutaan kupu-kupunya yang menawan juga memberikan keindahan alam dengan bukit kapur, air terjun serta gua yang tidak kalah menawan


3. Taman Laut TakaBonerate
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Taman Laut Takabonetere



Taman laut yang menjadi salah satu unggulan tempat wisata di Sulawesi Selatan yang berada di Kepulauan Selayar ini merupakan surga bagi para penyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut serta sangat cocok bagi anda yang mempunyai hobi snorkeling.

Anda dapat menikmati berbagai panorama kehidupan bawah laut dengan turut berenang bersama ratusan ikan, penyu, kura-kura serta keindahan terumbu karang yang sangat cantik. Selain indah dengan panorama bawah lautnya, wisata ini juga memberikan harga yang sangat terjangkau.

Tarif yang diberikan untuk menikmati keindahan taman ini adalah 25.000 untuk wisatawan domestic serta 60.000 untuk wisatawan mancanegara. Tidak hanya itu, anda dapat menyewa berbagai perlengkapan menyelam hanya dengan 250.000 sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapannya dari rumah.

4. Pulau Samalona
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Pulau Samalona


Satu lagi tempat wisata di Sulawesi Selatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Pulau Samalona ini merupakan salah satu objek wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan pulau ini sangat bagus utuk menyelam, karena di sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis dan biota laut lainnya.

Pulau ini berjarak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 20 – 30 menit dengan menggunakan speed boot. Di lokasi ini juga terdapat beberapa penginapan sederhana berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 20 orang. Selain itu, tersedia juga beberapa warung makanan yang menyediakan aneka ragam seafood segar.

5. Malino
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Malino



Selain terkenal dengan keindahan panorama lautnya, Sulawesi Selatan juga menyediakan panorama alam pegunungan yang tak kalah indahnya salah satunya adalah Malino. Malino merupakan tempat wisata di Sulawesi Selatan yang memberikan pemandangan alam pegunungan dan dataran tinggi yang sangat sejuk dan memanjakan mata.

Sebuah kelurahan yang terletak di Kab. Gowa ini menyajikan keindahan pegunungan bahkan sebelum anda mencapai tempat tujuan. Selama perjalanan anda akan dimanjakan dengan hutan pinus serta keindahan batu kapur yang indah.

Tempat wisata yang sudah terkenal sejak zaman Belanda ini selain menyajikan panorama pegunungan juga memberikan keindahan banyak air terjun yang tidak boleh anda lewatkan.

Selain itu, karena udara pegunungan yang dingin tempat ini juga memberikan wisata lainnya seperti perkebunan teh, lembah biru serta wisata sejarah berupa bunker peninggalan jepang yang menarik.

6. Pantai Tanjung Bira
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Pantai Tanjung Bira


Pantai Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang halus dan bersih dengan air laut yang jernih yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan. pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam serta keindahan dua pulau yang ada didepannya yaitu pulau Liukang loe dan pulau Kambing (tidak berpenghuni).

Tanjung Bira terletak di Kab.Bulukumba atau sekitar 200 km dari Kota Makassar. Pantai Bira telah dilengkapi fasilitas berupa tempat parkir, penginapan, hotel, villa, bungalow, dan restaurant dan lain-lain. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan fery yang siap mengantar pengunjung yang ingin berwisata ke pulau Selayar.

7. Ke’te Kesu
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Ke’te Kesu


Ke’te Kesu, salah satu desa di Tanah Toraja ini merupakan tempat wisata di Sulawesi Selatan yang kaya akan budaya dan sejarah. Ke’te Kesu berarti pusat kegiatan, di mana terdapatnya perkampungan, tempat kerajinan ukiran, dan kuburan. Pusat kegiatannya adalah berupa deretan rumah adat yang disebut Tongkonan, yang merupakan obyek yang mempesona di desa ini.

Selain Tongkonan, disini juga terdapat lumbung padi dan bangunan megalith di sekitarnya. Sekitar 100 meter di belakang perkampungan ini terdapat situs pekuburan tebing dengan kuburan bergantung dan tau-tau dalam bangunan batu yang diberi pagar.

Tau-tau ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari. Perkampungan ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya dan sekaligus sebagai tempat yang bagus untuk berbelanja souvenir. Terletak sekitar 4 Km dari tenggara Rantepao.

8. Pulau Kapoposang
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Pulau Kapoposang


Merupakan salah satu dari gugusan kepulauan Spermonde dimana pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah dengan menyimpan beranekaragam biota laut yang menarik. Terletak di Desa Mattiroujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kab.Pangkep, dan dapat dijangkau dengan menggunakan speed boat sekitar 90 Menit ke arah barat laut Makasar.


9. Pemandian Alam Air Panas Lejja
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Pemandian Alam Air Panas Lejja


Suhu air di pemandian ini bisa mencapai 60 derajat celcius merupakan air belerang terbaik di dunia, sehingga sering dipercayai dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan rematik.

Pemandian ini berada di daerah pegunungan, memiliki panorama alam yang indah, sejuk dan sangat menarik untuk dikunjungi untuk berekreasi. Terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa, Kab.Soppeng.



10. Pulau Bulupoloe
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Pulau Bulupoloe


Pulau Bulupoloe ini termasuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Timur berjarak sekitar 500 km dari Kota Makassar.

Daya tarik utama yang terpancar dari Pulau Bulupoloe yang menjadikannya sebagai salah satu objek wisata yang patut dikunjungi adalah keindahan alam pegunungan serta keasrian baharinya.

Bentangan pantai dengan pasir putih yang mengitari pinggiran pulau menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu, beberapa tempat di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang semakin menambah keunikan pulau ini.

Pesona Laut yang disajikan Pulau Bulupoloe ini semakin menambah kagum karena kondisi pantainya yang masih sangat alami dan belum terkontaminasi polusi. Tidak hanya itu, air laut di Pulau ini sangat jernih, dihiasi aneka ragam terumbu karang yang mempesona, da ikan yang berwarna-warni serta biota laut lainnya yang semakin menambah semarak kehidupan bawah laut di Pulau Bulupoloe ini.

Selain wisata alam, di Pulau ini juga kita dapat menikmati wisata kuliner tradisional khas Luwu, dan juga terdapat beberapa penginapan.

11. Rammang-Rammang
Tempat Wisata di Sulawesi Selatan – Rammang-Rammang

Rammang-Rammang berada di Kabupaten Maros, terletak di sebelah utara kota makassar yang memiliki potensi wisata alam yang eksotis. Eksotisme alam yang membawa Kabupaten Maros menjadi salah satu destinasi wisata baik internasional maupun domestik.

Pemandangan alam pegunungan, pantai, bentangan karst dan situs arkeologi menjadikan Kabupaten Maros ini kaya akan obyek wisata alam yang dapat memuaskan hasrat dan mata pengunjung sekaligus menjadi pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.
(**)

Komentar

Tampilkan

  • 11 Tempat Wisata Alam di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi
  • 0

Terkini

Iklan