Cabor Catur Raih Emas dan Perak, Membuat Kontingen NPC Bone Lampaui Target di Peparprov IV Sulsel

Cabor Catur Raih Emas dan Perak, Membuat Kontingen NPC Bone Lampaui Target di Peparprov IV Sulsel
RAKYATSATU.COM, BONE - Perjuangan Paralympian (sebutan atlet penyandang dipabel dan disabilitas) kontingen National Paralympic Commiitee (NPC) Kabupaten Bone, patut diacungi jempol, diapresiasi dan diberikam reward.

Pasalnya, 30 Paralympian NPC Kabupaten Bone, berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bone di Pekan Olahraga Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Sulsel 2018 di ajang olahraga empat tahunan tersebut, yang dilaksanakan di Kabupaten Pinrang.

Atlet penyandang dipabel dan disabilitas Kabupaten Bone yang dipimpin oleh Ketua Kontingen yang  juga Ketua NPC Kabupaten Bone Andi Takdir, berhasil membawa nama Kabupaten Bone meraih juara umum III dibawah Kota Makassar sebagai juara umum I dan Kabupaten Bantaeng juara II.

"Alhamdulillah, kami berhasil melampaui target. Target awal kami hanya lima besar, tetapi berkat semangat dan perjuangan teman-teman Paralympian serta doa dan dukungan segenap masyarakat Bone maka kami bisa tembus di tiga besar. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya," ujar Andi Takdir, Senin (03/12).

Sekretaris Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Bone yang juga Sekretaris NPC Kabupaten Bone, Abdul Waris Hasrat, mengatakan, dari 5 cabor yang dipertandingkan, Paralympian Bone hanya gagal mendapatkan medali di cabor Bulutangkis.

"Alhamdulilah ini sudah melampaui target, dengan mempelajari kondisi atlet dan peta kekuatan atlet disabilitas di Sulsel kami menarget posisi ke lima, namun diluar dugaan kami justru juara ke tiga," ujar Waris Hasrat.

Waris menambahkan, beberapa hal teknis yang menyebabkan kualitas atlet lebih baik seperti beberapa kali ditundanya pelaksanaan Peparprov yang mengakibatkan masa Training Center (TC) bertambah lama dan juga motivasi atlet yang ingin menunjukkan prestasi lebih baik daripada atlet umum lainnya.

"Termasuk juga prestasi atlet Porda Bone yang menduduki posisi keempat pada Porda di Pinrang 2018 kemarin, kami termotivasi untuk lebih baik, dan ternyata kami bisa juara tiga umum, itu pembuktian kami jika atlet disabilitas Bone berperstasi, makanya perlakuan pemerintah juga harus sama, termasuk bonus yang akan diterima atlet kami harus sama nilainya dengan atlet porda," pungkas Waris seusai acara penutupan di area Indoor kompleks Kantor Bupati Pinrang.

Sementara itu, secara terpisah, Bupati Bone, DR H Andi Fahsar M Padjalangi, mengapresiasi prestasi dan perolelahan medali Paralympian Kabupaten Bone.

"Alhamdulillah. Mereka tentu penuh semangat juara untuk mengharumkan nama Bone, dan akhirnya berhasil menjadi juara umum III. Prestasi itu patut kita apresiasi. Selamat Paralympian NPC Kabupaten Bone," ujar H Andi Fahsar.

Sebanyak 30 Paralympian mendulang 42 medali yang terdiri dari 16 emas, 12 perak dan 14 Perunggu. Perolehan medali tersebut berasal dari cabor Atletik, Renang, Catur dan Tenis meja.

Sekedar diketahui penutupan Peparprov IV Sulsel 2018 di Kabupaten Pinrang dilaksanakan di aula Indoor olahraga kompleks kantor Bupati Pinrang, Senin sore 3 Desember 2018. Ajang olahraga empat tahunan ini di tutup oleh Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi.

Adapun perincian perolehan medali setiap cabor kontingen NPC Kabupaten Bone yakni :

1. Tenis Meja
     Emas 1
     Perak 3
     Perunggu 3

2. Atletik
    Emas 8
    Perak 6
    Perunggu 7

3. Renang
    Emas 6
    Perak 2
    Perunggu 2

4. Catur
    Emas 1
    Perak 1
    Perunggu 2


* EMAS = 16
* PERAK = 12
* PERUNGGU = 14

Total = 42 medali

(Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu