Wow, Keris Bersarungkan Emas Bakal Dipamer di Festival I Lagaligo

Wow, Keris Bersarungkan Emas Bakal Dipamer di Festival I Lagaligo
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Festival I Lagaligo yang digelar di Kabupaten Soppeng pada 17-23 Desember mendatang, bakal diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari seminar, acara adat budaya, pameran dan hal lainnya.

Salah satu yang bakal menjadi daya tarik di acara begengesi tersebut, yakni dari Pameran Benda Pusaka. Bagaimana tidak, pada kegiatan tersebut, bakal dipamerkan keris pusaka bersarungkan emas seberat 1.2 kg yang dihiasi berlian dan batu mulia.

Yasir Machmud, kolektor dan pemilik keris pusaka bersarung emas mengatakan, selain keris bersarung emas dia juga akan membawa sedikitnya 30 bilah pusaka utnuk dipamerkan di festival  I Lagaligo di Soppeng.

"Pusaka yang rencananya kami pamerkan terdiri dari alameng tatarapeng dengan wanua yg terbuat dari emas yg diperkirakan beratnya melebihi 500 gram yang dihiasi beberapa batu mulia  dan keris tatarapeng yang wanuanya terbuat dari emas 23 karat yg beratnya 1.2 kg yang dihiasi puluhan permata ruby," kata Yusir, Sabtu (03/11).

Sementara itu, Koordinator Benda Pusakan Festival I Lagaligo, Syamsul Fahri mengatakan, sebanyak 1.000 benda pusaka akan dipamerkan pada festival bertaraf internasional itu.

Benda pusaka yang akan dipamerkan berasal dari berbagai daerah, baik dari Sulawesi sendiri maupun Jawa.

Dirinya yakin, pameran itu akan menjadi perhatian bagi para pecinta benda pusaka maupun para wisatawan nantinya. (Syl)

loading...
close
Rakyatsatu