Bupati Sinjai Kukuhkan BUMP, Sekaligus Tanam Perdana Jagung Gunakan Mesin Moderen

Bupati Sinjai Kukuhkan BUMP,  Sekaligus Tanam Perdana Jagung Gunakan Mesin Moderen
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, A Seto Gadhista Asapa melakukan kunjungan kerja sekaligus mengukuhkan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Andalan di Dusun Kambuno Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe, Jumat (30/11).

Pengukuhan pengurus BUMP Andalan yang diketuai, Ikhsan Anwar ini, turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai, A Kartini Ottong, Wakil Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Kajari Sinjai Noer Adi, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Setdakab Sinjai, Camat dan Kepala Desa Se-Kecamatan Tellulimpoe.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Hj. Marwatiah menuturkan, pembentukan BUMP ini merupakan wujud realisasi program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sinjai.

Tujuannya tidak lain, kata Dia, untuk mendorong terbentuknya usaha tani Petani dalam skala ekonomi berbasis kawasan pertanian sekaligus membangun jiwa kewirausahaan petani dari guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan keluarganya.

"BUMP ini beranggotakan semua poktan atau gapoktan yang ada di kecamatan Tellulimpoe dan sudah difasilitasi, legalisasi badan hukumnya dengan akta notaris," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa, menuturkan dengan adanya BUMP, petani dapat dengan mudah mengakses sumber pembiayaan atau permodalan layaknya korporasi profesional dengan menerapkan manajemen dan mekanis pertanian mengingat pentingnya keberadaan BUMP di dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

"Di Sinjai sudah ada TPAKD, saya kira kalau ini dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak baik pula kepada BUMP Andalan," katanya.

A Seto berharap pengurus BUMP mempunyai komitmen yang sama dalam mengemban amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Kelembagaan petani ini juga diharapkan dapat membawa petani dan keluarganya ke arah yang lebih baik.

Usai mengukuhkan pengurus BUMP Andalan Tellulimpoe, Bupati Sinjai juga melakukan penanaman perdana jagung menggunakan Mesin Bajak Modern, dan penanaman pohon Buah Manggis. (Asdar)
loading...
close
Rakyatsatu