Iklan

Iklan

Wabup Victor dan Tim Relawan Tana Toraja Tiba di Palu, Ini yang Mereka Jumpai di Pengungsian

01 Oktober 2018, 1:38 PM WIB Last Updated 2018-10-01T05:38:12Z
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Tim relawan Kabupaten Tana Toraja, telah di lokasi tsunami dan gempa Palu, Senin (01/10).

Tim yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara ini, diketahui tiba pada pukul 13.30 Wita, hari kemarin, Minggu (30/09).

Setibanya disana, mereka mendapati kondisi para korban gempa yang berada di lokasi pengungsian, sangat membutuhkan uluran tangan dari setiap relawan.

Seketaris PMI Tana Toraja, Risal Randa, yang juga Ketua KPU Tana Toraja ini, mengatakan sangat prihatin kondisi para pengungsi.

"Saya prihatin. Pengungsi korban gempa di Palu, sangat membutuhkan beras, makanan siap saji seperti Indomie, pembalut wanita, popok bayi, air mineral, terpal dan sarung," ujar Risal.

Logistik yang dibawa tim pun tentunya tidak mampu memenuhi semua kebutuhan para pengungsi yang sangat banyak.

Dengan menempuh jalur darat, tim yang berjumlah 23 orang ini, melewati kota Mamuju, Sulawesi Barat. Kabar bahwa para pengungsi menjarah logistik bantuan relawan yang melintas, sama sekali tidak dijumpai.

"Gimana mau menjarah, pukul 20.00 Wita, saat saya memasuki kota Donggala, kota ini bagaikan kota mati, sebagian besar penghuninya mengungsi ke tempat lebih aman, beberapa diantaranya mendirikan tenda darurat dipinggir-pinggir jalan yang kami lewati," kata Risal.

Risal pun mengungkapkan Kota Donggala sendiri nampak porak poranda, sebagian besar bangunan dan infrastruktur hancur oleh gempa yang disusul tsunami.

"Meski demikian bagi para relawan yg akan melintas di jalur darat mamuju-palu tak perlu kuatir, perjalanan lancar tanpa hambatan dan dapat menggunakan kendaraan jenis apapun," kunci Risal. (Kris)
Komentar

Tampilkan

  • Wabup Victor dan Tim Relawan Tana Toraja Tiba di Palu, Ini yang Mereka Jumpai di Pengungsian
  • 0

Terkini

Iklan