Selama 30 Hari, TMMD 103 Sentuh Desa Tertinggal Karre, Dandim 1414 : Tentara Juga Manusia Biasa

Selama 30 Hari, TMMD 103 Sentuh Desa Tertinggal Karre, Dandim 1414 : Tentara Juga Manusia Biasa
RAKYATSATU.COM, TORAJA UTARA - Selama 30 hari ke depan, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, digelar di Karre, Kecamatan Nanggala, Toraja Utara, Kamis (18/10).

Kegiatan yang diadakan oleh Kodim 1414 Tana Toraja ini, juga mengikutsertakan anggota 721 Palopo, yang bersama-sama membangun dan merangkul masyarakat Karre.

Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Hiras M. S. Turnip, M.Si (Han), mengungkapkan bahwa TMMD hadir untuk lebih dekat dengan masyarakat Karre.

"TMMD hadir untuk lebih dekat dengan masyarakat Karre, supaya jangan ada jarak. Tentara juga kan manusia biasa," ujar Dandim 1414 Hiras, saat selesai memberikan arahannya di lokasi TMMD.

Sebanyak 150 anggota Kodim 1414 Tana Toraja, bersama anggota 721 Palopo dengan 4 anggota TNI AU, bahkan tinggal dirumah warga, agar lebih cepat beradaptasi.

"Nginapnya disebar di rumah warga, biar lebih cepat beradaptasi. Bahkan nanti boleh miliki orangtua asuh disini," tambah Dandim 1414, Hiras.

Desa Karre, Limbong, memang menjadi salah satu desa yang memiliki 3T (tertinggal, terpencil, terdepan), sehingga TMMD hadir di desa Karre. Akses jalan menuju Karre sangat terjal dan tidak dijangkau signal.

Banyak kegiatan yang akan dilakukan, di antaranya Tentara mengajar dan renovasi sekolah, membangun rumah ibadah seperti masjid dan gereja, membangun infrastruktur jalan, pemberdayaan masyarakat lewat berbagai kegiatan olahraga beserta lapangan olahgara.

Tak hanya itu, pemberdayaan masyarakat lewat penyuluhan pertanian pun dilakukan. TMMD menyiapkan 200 bibit kopi, untuk dibudidayakan oleh masyarakat agar nantinya dapat menunjang pendapatan masyarakat.

Bersinergi dengan Dinas Pertanian Toraja Utara, bibit sayur-sayuran juga diberikan, 200 bibit kangkung, kacang-kacangan, sawi dan beberapa jenis lainnya.

Penyuluhan kesehatan juga dilakukan dengan bersinergi dengan Dinas Kesehatan Toraja Utara, memberikan penyuluhan tentang bahaya penyakit HIV/AIDS. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu