Iklan

Iklan

Bupati Sinjai Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Desa Gantarang

11 Oktober 2018, 5:51 PM WIB Last Updated 2018-10-11T09:51:37Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa meletakkan batu pertama pembangunan pasar Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Kamis (11/10).

Pembangunan pasar Desa Gantarang ini melalui kegiatan padat karya infrastruktur, bekerjasama antara Direktorat pengembangan dan perluasan kesempatan Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai tahun anggaran 2018.

Kepala Desa Gantarang, Insan dalam sambutannya menyampaikan, pasar desa ini yang akan dibangun merupakan pasar desa yang pemanfaatannya bukan hanya untuk masyarakat Desa Gantarang, tetapi masyarakat diluar Desa Gantarang.

"Kondisi pasar desa Gantarang yang sudah rusak bertahun-tahun, dan alhamdulilah diawal Pemerintahan bapak Bupati Sinjai Pemda melalui Dinas Koperasi UKM berkenan membangun pasar di desa kami. Terima kasih kami ucapkan Pak Bupati atas kehadirannya pada peletakkan batu pertama pembagunan pasar ini," kata Insan.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Ramlan Hamid mengatakan, terkait pelaksanaan pembangunan pasar desa ini merupakan program padat karya.

"Kegiatan ini di Sulawesi Selatan ada 8 kegiatan termasuk di Kabupaten Sinjai dan salah satu desa yang mengusulkan pembangunan pasar adalah desa Gantarang dan setelah dilakukan verifikasi dari tim tekhnis kementerian ketenagakerjaan desa ini layak memang untuk difasilitasi untuk pembangunan pasar desa," katanya

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan, padat karya merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memberikan pekerjaan sementara kepada para masyarakat pada saat tertentu dengan membangun dan memperbaiki infrastruktur pedesaan dimana di desa gantarang ini dilakukan pembangunan pasar.

"Peningkatan kualitas dan kuantitas dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Sinjai dimana program ini merupakan penjabaran visi misi bupati Sinjai periode 2018-2023 yaitu terwujudnya masyarakat yang mandiri, berkeadilan, relegius melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing," kata Bupati.

Menurutnya, sarana dan prasarana publik yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat seperti pembangunan pasar, jalan, jembatan dan pembangunan infrastruktur lainya. Itu harus dibangun dengan layak dan memadai agar aktivitas didaerah dapat berjalan dengan baik

"Apabila perekonomian berputar dengan baik, pusat-pusat perekonomian lancar maka insya allah akan tercipta langan kerja baru yang akan menyerap tenaga kerja yang pada gilirannya akan berivigasi pada percepatan penanggulangan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Pasar kata Andi Seto merupakan transaksi masyarakat sehingga dibutuhkan tempat yang layak untuk berinteraksi dalam perputaran ekonomi

"Kita harapkan pembangunan pasar desa gantarang selesai dibangun secepatnya agar aktivitas masyarakat dalam perekonomian dapat semakin lancar. Hasil bumi dan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat dapat terdistribusi dengan baik," pungkasnya.

Selain meletakkan batu pertama pembangunan pasar orang nomor satu di Kabupaten Sinjai didampingi Ketua DPRD Sinjai, Abd Haris Umar, Forkopimda, pejabat Pemkab Sinjai, juga menghadiri pencanangan kampung KB di Desa tersebut. (Asdar)
Komentar

Tampilkan

  • Bupati Sinjai Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Desa Gantarang
  • 0

Terkini

Iklan