Pemkab Sinjai Gelar Workshop dan Lomba Inovasi Tingkat SLTA Sederajat

Pemkab Sinjai Gelar Workshop dan Lomba Inovasi Tingkat SLTA Sederajat
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kabupaten Sinjai menggelar workshop dan lomba karya ilmiah teknologi dan inovasi tingkat Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) dan sederajat se-Kabupaten Sinjai yang bertempat diruang pola kantor Bupati lama, kamis (02/08).

Kegiatan ini mengangkat tema "Dengan Karya Tulis Ilmiah Teknologi dan Inovasi Kita Bangkitkan Semangat Berinovasi Generasi Muda Menuju Sinjai Unggul". acara ini dilaksanakan di dua tempat bersamaan, yakni di ruang pola kantor bupati lama, dan di SMA Negeri 2 Sinjai Selatan.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari siswa-siswi SLTA dan sederajat se Kabupaten Sinjai yang di bagi 2 region diantaranya, untuk SMA di Kecamatan Sinjai Utara, Kecamatan Sinjai Timur, Kecamatan Bulupoddo, dan Kecamatan  Pulau  IX dan di laksanakan di ruang pola kantor bupati lama.

Sementara untuk perwakilan siswa SMA dari Kecamatan Sinjai Selatan, Kecamatan Sinjai Borong, Kecamatan Tellu Limpoe, Kecamatan Sinjai Tengah dan Kecamatan Sinjai Barat dilaksanakan di ruang pertemuan kantor Lurah Sangieseri, Kecamatan Sinjai Selatan.

Hadir menjadi narasumber sekaligus Juri pada kegiatan ini, dari Pusat Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Unhas Makassar.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sinjai Asdar Amal Darmawan dalam sambutannya mengatakan Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa (LKTIS) ini di maksudkan untuk menumbuhkan semangat inovasi sejak dini di daerah.

"Kegiatan ini juga menjadi ajang penyampaian gagasan kreatif dan ilmiah siswa, untuk menghasilkan karya berupa produk inovasi yang dihasilkan dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada," Jelasnya.

Adapun tema karya tulis yang diperlombakan dalam LKTIS mencakup 3 kategori yakni :
1. Pangan,
2. Teknologi tepat guna/ilmu terapan/rekayasa, dan
3. Energi Terbarukan.

Workshop ini juga merupakan rangkaian awal dari rencana pelaksanaan kegiatan Pekan Inovasi Daerah Kabupten Sinjai tahun 2018 yang akan dilaksanakan oleh Balitbangda Kabupaten Sinjai.

Selain itu Pekan Inovasi Daerah yang direncanakan dilaksanakan pada akhir bulan agustus ini terdiri dari beberapa rangkaian acara antara lain kegiatan Pameran Produk Inovasi, seminar, coaching clinic bagi para pelaku usaha rintisan inovasi, dan penyampaian success story dari beberapa inovator daerah yang sudah berhasil merintis usaha dari prakarsa inovasi.

"Pada pekan inovasi daerah ini akan dipresentasikan produk inovasi dari para finalis lomba karya tulis ilmiah inovasi dan teknologi siswa hasil workshop hari ini," tutupnya. (Asdar)
loading...
close
Rakyatsatu