Bukan Cuma Harga Gas LPG 3 Kg Melambung di Bone, Harga Wortel Malah Naik 100 Persen

Bukan Cuma Harga Gas LPG 3 Kg Melambung di Bone, Harga Wortel Malah Naik 100 Persen
RAKYATSATU.COM, BONE - Masyarakat Bone bukan hanya menghadapi kelangkaan dan kenaikan/lonjakan harga gas LPG 3 kg, tetapi kini harus menerima pula kenyataan lain yakni harga wortel di Kabupaten Bone malah naik 100 persen, dari harga Rp5.000 menjadi Rp10.000.

Berdasarkan pantauan Rakyatsatu.com disejumlah pasar rakyat di Kabupaten Bone, harga wortel kini mencapai Rp10.000, padahal dari sepekan yang lalu masih berkisar Rp5.000.

Salah seorang penjual/pedagang wortel, Nurhayati yang ditemui Rakyatsatu.com di pasar Palakka Kabupaten Bone, mengakui kalau sayur mayur, khususnya wortel mengalami lonjakan harga yang sangat signifikan dari harga sebelumnya.

"Betul, minggu lalu masih Rp 5 ribu tetapi saat ini kita harus jual sampai Rp 10 ribu karena kita membeli dari pemasok sekira Rp 7 ribu hingga Rp8.500. Itu pun kalau ada karena saat ini wortel sangat susah didapat," ujar Nurhayati.

Menurutnya, dirinya mendapatkan wortel biasanya dari kabupaten tetangga seperti Kabupaten Gowa, namun akhir-akhir ini pasokan wortel sangat kurang.

Ia menjelaskan, penyebab kelangkaan wortel mungkin disebabkan curah hujan yang tidak cukup atau musim kemarau.

"Ada beberapa penyebab wortel langka yakni musim kemarau. Kalau musim kemarau biasanya tanaman wortel tidak stabil karena kekurangan air," pungkasnya.  (Rasul)

loading...
close
Rakyatsatu