Tim Satgas TMMD ke-102 Kep Selayar, Sebagian Menjadi Guru di Daerah Terpencil

Tim Satgas TMMD ke-102 Kep Selayar, Sebagian Menjadi Guru di Daerah Terpencil
RAKYATSATU.COM, SELAYAR Tim Satgas TMMD ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar, khususnya dari anggota Kodim 1415/Kep Selayar dan mahasiswa KKN Tematik UNHAS Makassar menjadi tenaga pendidik (guru) di Madrasah Ibtidayah (MI) Dodaiyah di kampung Dodaiyah, Kecamatan Bontosikuyu.

Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Mansur Kole menjelaskan, anggota Kodim 1415/Kep Selayar dan mahasiswa KKN Tematik UNHAS Makassar yang tergabung dalam Tim Satgas TMMD ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar sebahagian ditugaskan menjadi Tenaga Pendidik di daerah terpencil di Kabupaten Kepulauan (Kep) Selayar guna mewujudkan salah satu tujuan Negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Para anggota Kodim 1415/Kep Selayar dan mahasiswa KKN UNHAS yang bertugas menjadi guru dilepas oleh Dansatgas TMMD ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar, Letkol Armed Yuwono. Mereka itu akan berbaur dengan para guru dan murid yang ada di MI Dodaiyah," jelas Mayor Inf Mansur Kole, Sabtu (21/07).

Lanjutnya lagi, MI Dodaiyah merupakan sekolah bernafas Islam yang berada di salah satu daerah pedalaman terpencil daratan Kepulauan Selayar. Di lingkungan sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Babut Taqwa Dodaiyah itulah, anggota Kodim 1415/Kepulauan Selayar bersama sembilan orang mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin Makassar melakukan proses transfer ilmu dan menjabarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui rangkaian pengabdian kepada masyarakat.

"Kedatangan para anggota Kodim 1415/Kep Selayar dan mahasiswa KKN UNHAS disambut oleh Plt Kepala MI Dodaiyah, Baso Alang. Mereka itu akan mengabdi dan khususnya mahasiswa KKN UNHAS akan mengabdi di MI tersebut sampai penarikan KKN dari kampunya," tutur Mayor Inf Mansur Kole.

Ia menambahkan bahwa rombongan anggota TNI bersama mahasiswa tersebut diantar ke Kampung Dodaiyah dengan menggunakan armada mobil operasional Kodim 1415/Kepulauan Selayar dibawah pengawalan ketat Danramil 1415/01 Bontosikuyu, Mayor Arh Ahmad Sarro, anggota Unit Intel Dim 1415/Kepulauan Selayar, personil Babinsa, dan koordinator media centre TMMD 102 tahun 2018 Kepulauan Selayar.

Koordinator mahasiswa KKN tematik UNHAS Makassar, Zul Fajri menuturkan, rombongan mahasiswa KKN akan menunaikan tugas pengabdian masyarakat sebagai seorang guru di lingkungan MI Dodaiyah, sampai dengan dilakukannya proses penarikan dari lingkungan kampus.

Selain merupakan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini juga diakui sekaligus adalah bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan program TMMD 102 di wilayah Kodim 1415/Kepulauan Selayar.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu