Masuki Ramadhan, BMKG Tana Toraja Ingatkan Cuaca Suhu Toraja Akan Berubah 

Masuki Ramadhan, BMKG Tana Toraja Ingatkan Cuaca Suhu Toraja Akan Berubah 

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Jelang bulan suci Ramadhan, BMKG Tana Toraja  ikut mengingatkan terkait perkiraan perubahan cuaca di Toraja, Rabu (16/5).


Kepala BMKG Tana Toraja, Agung Sudiono Abadi menyatakan, akan ada perubahan suhu panas terik dan hujan, yang akan mulai berkurang hingga pada awal bulan Juni mendatang. 


"Akan ada perubahan suhu panas terik dan hujan mulai berkurang hingga pada awal bulan Juni mendatang. Umat yang menjalankan ibadah puasa, tetap harus waspada," kata Kepala BMKG Agung. 


Aliran massa udara di wilayah Indonesia didominasi angin timuran. Di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan wilayah Kabupaten Toraja Utara angin dominan dari arah timur dengan kecepatan rata-rata 5 – 10 knot (9 – 18 km/jam).


Tidak terdapat adanya belokan angin (shear) yang berpengaruh terhadap daerah pumpunan angin/berkumpulnya massa udara yang berpengaruh terhadap pembentukan awan-awan hujan.


Prakiraan Akumulasi curah di sebagian besar wilayah Indonesia  tanggal 12 – 22 Mei 2018 mengalami penurunan intensitas curah hujan, hal ini disebabkan pada bulan Mei 2018 sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki fase musim kemarau. 


Sedangkan di wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara Intesitas Hujan pada bulan Mei diperkirakan mengalami penurunan dan diperkirakan hanya terjadi hujan lokal pada siang di daerah tertentu di wilayah Kab. Tana Toraja dan Kab. Toraja Utara.



Prakiraan suhu udara di wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara pada bulan Mei 2018, pada siang hari suhu udara mencapai 28o C – 30oC dan pada dini hari 200C – 220C. (Kris)




loading...
close
Rakyatsatu