Gelar Sidak, Disperindag Tana Toraja Dapati Banyak Barang Expired

Gelar Sidak, Disperindag Tana Toraja Dapati Banyak Barang Expired

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Lakukan kegiatan monitoring, Disperindag Tana Toraja gelar sidak di Pasar Rantetayo, Kecamatan Rantetayo, Tana Toraja, Selasa (03/04).

Bersama tim gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP. Mereka mendapati banyak barang kadaluarsa (expired) yang masih diperjualbelikan di pasar. 

Dari penyisiran yang dilakukan, barang expired yang dikumpulkan yaitu susu bayi Laktogen dan SGM, teh sari wangi, saus ABC asam manis,snack dan beberapa permen dari berbagai merek.

Selain itu, didapati juga beberapa kenaikan harga sembako dari harga normal, seperti harga lombok, tomat, bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 6.000,-/kg dari harga sebelumya.            

Natalia Batara, dari Dinas Ketahanan Pangan menuturkan bahwa kegiatan monitoring ini sebagai salah satu langkah awal untuk mensosialisasikan kepada pedagang di pasar, agar nantinya memahami kerugian bagi konsumen atas barang tidak layak jual tersebut. 

"Ada beberapa kita sita, karena sudah kadaluarsa tapi masih diperjualbelikan," katanya.

Diketahui, barang- barang yang sudah expired tersebut selanjutnya di bawah ke kantor Dinas Kesehatan Tana Toraja untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

Kegiatan monitoring inipun akan terus dilakukan di semua pasar di Kabupaten Tana Toraja.(Kris)
loading...
close
Rakyatsatu