loading...

Berkunjung ke Toraja, Rasanya Tak Lengkap Tanpa Mengunyah Sirih Loh...

Berkunjung ke Toraja, Rasanya Tak Lengkap Tanpa Mengunyah Sirih Loh...
RAKYATSATU.COM, TORAJA - Sirih atau Pangngan (bahasa Toraja) merupakan kebiasaan leluhur suku Toraja yang masih terus dilakukan sampai saat ini. 

Bagi suku Toraja, kebiasaan memakan sirih juga memiliki kegunaan tersendiri. Salah satunya membuat gigi semakin kokoh loh, sehingga tak heran orang ma'pangngan memiliki gigi yang utuh walaupun sudah lanjut usia. 

Tak hanya itu, Pangngan yang terdiri dari daun sirih, buah daun sirih, kapur (hasil pembakaran kerangka keong/siput), pinang, dan gatta ini juga menjadi seserahan yang dibawa saat ziarah ke makam leluhur. 

Bagi yang ingin membeli kelengkapan sirih ini, di pasar Makale Tana Toraja, Indo'Sidang (68) yang sudah puluhan tahun berjualan sirih ini, memiliki bahan sirih yang komplit. 

Menempuh perjalanan yang jauh dari tempat tinggalnya di Buntu Tabang, Gandang Batu, Indo' Sidang bahkan sudah paham kebutuhan pelanggannya. 

Saat bercerita, dirinya bahkan mengaku senang dapat ikut menjual sirih. Beberapa pelanggannya bahkan membeli sirih  hanya untuk sekedar pengen tau rasanya mengunyah sirih. 

Menurutnya, wisatawan perlu mengunyah sirih loh, tak hanya untuk sekedar mencoba rasanya sirih, namun juga sebagai pelengkap mengetahui tentang Toraja. 

Naaah.. gimana tertarik untuk mencoba sensasi mengunyah sirih..?? Bagi yang ingin mencoba, boleh mampir di tempat jualannya Indo' Sidang yaa. (Kris)

loading...