Iklan

Iklan

Semarak HJB Ke-694, Refleksi Sejarah Kebangkitan Bone di Masa Lampau

21 April 2024, 9:49 AM WIB Last Updated 2024-04-21T09:52:54Z

Suasana perayaan Hari Jadi Bone/ Foto : Dok. Pemkab Bone

RAKYATSATU.COM, BONE
- Perayaan Hari Jadi Bone ke-694 berlangsung semarak di halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang, kota Watampone, Sabtu (20/4/2024).


Peringatan Hari Jadi Bone(HJB) ke-694 mengusung tema ‘Mattuppu ri Ade’e, Mappasanre ri Sara'e’. Tema itu memiliki arti sendikan pada adat, dan sandarkan pada agama.


Pj Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, M.H., menuturkan, peringatan Hari Jadi Bone ini bertujuan mengenang kembali semangat historis masyarakat Kabupaten Bone terhadap kejayaan kerajaan Bone di masa lampau yang kaya dengan nilai budaya dan kearifan tradisi lokal.


"Memontum Mattompang Arajang di HJB ke-694 ini sebagai refleksi sejarah kebangkitan Bone yang kaya akan nilai kearifan tradisi lokal," tutur Andi Islamuddin.


"Kearifan dan tradisi yang dimiliki masyarakat Bone tersebut menjadi modal dalam mengakselerasi pembangunan yang selaras dan berkesinambungan tentunya dengan dukungan dari seluruh unsur pemerintah terutama dari Pj. Gubernur Sulawesi Selatan," ungkap Pj. Bupati.


Dalam momentum tersebut, Pj. Bupati Bone juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu orang Bone yang datang dari luar Bone, terutama kepada Pj Gubernur Sulsel dan Kapolda Sulsel.


“Saya ucapkan terima kasih dengan kehadiran para orang Bone yang siap berkontribusi untuk kemajuan Bone dan Sulawesi Selatan, terutama kepada Kapolda Sulsel dan Pj Gubernur Sulsel atas perhatian dan kecintaanya pada tanah leluhur Bumi Arung Palakka," kata Andi Islamuddin.


Pada kesempatan itu Pj. Bupati juga menyebutkan sejumlah bantuan Kapolda Sulsel kepada masyarakat Bone diantaranya pembangunan Gedung Sekolah Dasar di Desa Tapong Kecamatan Tellu Limpoe, Bantuan 53 Lampu Tenaga Surya di Sumpang Labbu, dan Revitalisasi Makam Arung Palakka di Kabupaten Gowa.


Begitu pula Pj. Gubernur Sulsel yang memberikan bantuan keuangan untuk Kabupaten Bone sebesar 117 Miliar.


Selain itu juga dilaksanakan pendatanganan naskah perjanjian hibah daerah antara pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Bone tentang hibah barang milik daerah Pemerintah Provinsi Sulsel berupa tanah dan bangunan aset Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten Bone. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Semarak HJB Ke-694, Refleksi Sejarah Kebangkitan Bone di Masa Lampau
  • 0

Terkini

Iklan