Iklan

Iklan

MTQ Ke-55 Tingkat Kabupaten dan Asahan Expo Resmi Ditutup

30 April 2024, 11:45 PM WIB Last Updated 2024-05-01T04:47:54Z

Wabup ASahan saat memberikan sambutan pada penutupan MTQ Tingkat Kabupaten/ Foto : Dok. Pemkab Asahan

RAKYATSATU.COM, ASAHAN
- Setelah digelar selama 7 hari, yakni sejak hari Rabu (24/04/2024), maka gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan yang digelar di Gedung Tahfidz Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dan Asahan Expo dalam Rangka Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Asahan di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran, memasuki akhir penyelenggaraannya, yakni Selasa (30/4/2024) malam. 


Gelaran akbar tahunan tersebut resmi ditutup oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si.


Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana, SIP, M. Si melaporkan, kegiatan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-42.1-1.3 Tahun 2024 Tanggal 22 April 2024 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024. Sedangkan kegiatan Asahan Expo dalam Rangka Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Asahan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-24.2-4.15 Tahun 2024 Tanggal 23 Februari tentang pembentukan penitia pelaksana peringatan Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Asahan. Kedua kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. 


Selanjutnya Buwono melaporkan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 telah melaksanakan 9 cabang musabaqah: yaitu Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Syarhil, Khattil, Qira'at, Tafsir, Karya Tulis dan Hifzhil Hadits yang diikuti oleh 771 peserta dari 25 Kecamatan dan telah dinilai serta ditentukan yang terbaik oleh Dewan Hakim. Untuk kegiatan Asahan Expo dalam Rangka Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Asahan yang dikuti 25 Stand pameran dengan 15.000 pengunjung/150 jenis prroduk dan transaksi 300 juta, khusus stand pameran OPD dan Kecamatan telah dinilai oleh dewan juri dari pihak independen. Terakhir Buwono melaporkan, untuk kegiatan MTQ ke-55 Kabupaten Asahan, bagi peserta yang mendapat predikat terbaik akan diberi hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang tunai. 


Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH berharap, kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an Kabupaten Asahan, agar terus melakukan pembinaan kepada penggiat-penggiat Tilawatil Qur'an di seluruh pelosok Asahan.


 Kami yakin dan percaya bahwa apabila kita secara bersama-sama dan bersinergi melaksanakan pembinaan secara serius, maka kejayaan ataupun nama besar Kabupaten Asahan dibidang Tilawah Qur'an akan kembali bergaung sampai ke tingkat Internasional. 


"Kami dari unsur Legislatif siap mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan dimaksud demi terwujudnya Masyarakat Asahan Dejahtera yang Religius dan Berkarakter", ungkapnya.


Sementara Wakil Bupati Asahan pada pidatonya mengatakan, sebagaimana pelaksanaan MTQ Kabupaten Asahan ke-54 yang lalu, maka pada MTQ ke-55 ini, kepada pemenang terbaik satu dari cabang Tilawatil Qur'an Golongan Dewasa Putera dan Puteri, Cabang Hifzil Qur'an Golongan Cabang 30 Juz Putera dan Puteri) tetap akan dilanjutkan pemberian ongkos melaksanakan Ibadah Umroh ke Baitullah. 


Selain itu Wakil mengatakan, kegiatan MTQ ini dirangkaikan juga dengan pelaksanaan Asahan Expo dalam Rangka Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Asahan yang memamerkan beberapa kerajinan lokal, kuliner lokal, dan menggambarkan secara visual mengenai perkembangan pembangunan, budaya dan adat istiadat Kabupaten Asahan.


"Ini semua dilakukan sebagai bentuk upaya promosi perkembangan pembangunan dan produk-produk Kabupaten Asahan. Diharapkan Asahan Expo dalam Rangka menyemarakan Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Asahan ini dapat terus diadakan dari tahun-ketahun, sebagai bentuk merefleksikan perkembangan pembangunan daerah dan hasil produk melalui sunguhan dari Asahan Expo tersebut", ujarnya.


Bagi anggota kafilah yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam even MTQ ini, Wakil berpesan, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi dikesempatan-kesempatan yang akan datang. Saya mengingatkan, baik kepada yang menang maupun yang belum bahwa semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al-Qur'an, dan membudayakannya dalam kehidupan Umat Islam. Bagi peserta pameran marilah kita terus berinovasi guna untuk menyuguhkan perkembangan dan kemajuan yang kita pamerkan kedepan, agar pelaksanaan pameran lebih baik lagi. 


Pada kegiatan ini diumumkan pemenang Stand Terbaik pada Pameran Hari Jadi Asahan ke-78. 


Kategori Urusan Pemerintahan

Terbaik 1 Urusan Perekonomian dan Pembangunan dengan nilai 795. Terbaik 2 Urusan Pemerintahan dan Kesra dengan nilai 670.

Terbaik 3 Urusan Bidang Administrasi dan Umum dengan nilai 625


Kategori Kecamatan 

Terbaik 1 Kecamatan Asahan Bawah dengan nilai 760

Terbaik 2 Kecamatan Asahan Tengah dengan nilai 725

Terbaik 3 Kecamatan Asahan Atas dengan nilai 685.


Piagam penghargaan 

Terbaik 1 TP. PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Asahan

Terbaik 2 BANK SUMUT Cabang Kisaran

Terbaik 3 PT Inalum. 


Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang pada MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan. Adapun peserta yang berhasil mendapatkan hadiah biaya umroh pada tahun ini yakni 

Siti Aisyah Kecamatan Sei Kepayang juara pertama Cabang Tilawah Al-Qur'an Golongan Dewasa Putri

Azroi Sitorus Kecamatan Sei Kepayang juara pertama Cabang Tilawah Al-Qur'an Golongan Dewasa Putra

Al Mizan Ridho Kecamatan Tanjung Balai juara pertama Cabang Hifz Al-Qur'an Golongan 30 Juz Putra

Untuk juara umum pada MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan jatuh pada Kecamatan Sei Kepayang. [Ikhlas/Ery]

Komentar

Tampilkan

  • MTQ Ke-55 Tingkat Kabupaten dan Asahan Expo Resmi Ditutup
  • 0

Terkini

Iklan