Iklan

Iklan

Begini Cara UPTD SPF SMP 4 Marioriawa Tingkatkan Disipilin dan Karakter Pelajarnya

05 Maret 2024, 10:40 AM WIB Last Updated 2024-03-05T03:51:06Z

Gedung UPTD SPF SMP N 4 Marioriawa/ Foto : Yudha

RAKYATSATU.COM, SOPPENG -
Guna meningkatkan disiplin dan karakter yang kuat sesuai dengan tuntunan dan kepercayaan, Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Formal Sekolah Menengah Pertama (UPTD SPF SMP) 4 Marioriawa, menerapkan Shalat Dzuhur berjamaan bagi siswa-siswinya.


Hal itu dikatakan oleh Kepala SMP N 4 Marioriawa, Jumriah, Selasa (5/3/2024), saat dikonfirmasi.


Lanjut Jumriah, program Dzuhur berjamaan yang dilaksankan di Masjid Nurul Hidayah Mario tersebut, wajib dilaksanakan oleh para pelajar. "Hal ini juga sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah SWT, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib SMP 4 Marioriawa," kata Jumriah.


Kata Jumriah, Shalat Dzuhur berjamaah diikuti oleh siswa kelas VII,VIII dan IX serta guru. Kegiatan shalat dzuhur berjamaah ini dibimbing oleh guru dan diupayakan menjadi pembiasaan, supaya mampu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. 


Shalat dzuhur berjamaah ini akan menjadi suatu kegiatan yang terus menerus dilakukan diluar jam pelajaran, untuk melatih peserta didik lebih teratur dan terarah dan mendisiplinkan diri dalam menjalankan ibadah. 


"Program ini juga diharapkan mampu menjadikan peserta didik semakin disiplin dan aktif dalam melaksanakan shalat fardhu," terangnya.


Menurut Jumriah, pelaksanaan shalat yang tertib dan teratur, dapat berimbas pada kedisiplinan seseorang dalam melakukan pekerjaan, dan semakin bagus ibadah shalat seseorang, semakin baik pula tingkat kedisiplinannya, sebaliknya semakin ia sering mengabaikan aspek ibadah dan ia juga akan lebih mudah mengabaikan urusan-urusan diluar ibadah.


Jumriah menambahkan selain rutin shalat dzuhur berjamaah juga ada Kultum,Ceramah dan hapalan Surah Pendek ini juga tentu akan melatih karakter religius bagi anak anak didik nantinya.


"Dan dengan diterapkannya itu semua Alhamdulillah Siswa dari SMPN 4 Marioriawa berhasil meraih Juara pertama Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Marioriawa yang di laksanakan oleh IMPS Rayong Marioriawa belum lama ini"tutup Jumriah. [Ikhlas/Yudha]

Komentar

Tampilkan

  • Begini Cara UPTD SPF SMP 4 Marioriawa Tingkatkan Disipilin dan Karakter Pelajarnya
  • 0

Terkini

Iklan