Iklan

Iklan

Bupati Kritik Kesiapan KPU Soppeng dalam Pemilu 2024

31 Januari 2024, 1:36 PM WIB Last Updated 2024-04-13T09:18:18Z

Suasana Simulasi Proses Pemungutan Suara yang digelar oleh KPU Soppeng, di Lapangan Gasis, Rabu (31/1/2023)/ Foto : Afdal

RAKYATSATU.COM, SOPPENG
- Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak menyayangkan kesiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng dalam Proses Pemungutan Suara, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara, serta penggunaan Aplikasi SIREKAP, yang digelar di Lapangan Gasis Soppeng, Rabu (31/1/2024).


Kegiatan yang sifatnya simulasi tersebut, menurut Bupati tidak matang. Betapa tidak, banyak petugas yang datang terlambat dan masih melakukan berbagai persiapan.


"Seharusnya mulai tadi malam sudah steril. Tidak ada lagi yang tempel-tempel pintu masuk dan sebagainya," kata Kaswadi saat memberikan sambutan pada kegiatan Simulasi yang digelar oleh KPU Soppeng.


Bahkan kata dia, penyelanggara baru melakukan kesiapan-kesiapan lainnya, pada saat tamu sudah datang. 


"Kita ini lagi menjalankan tugas negara. Mohon maaf, saya lihat tadi ada beberapa petugas terlambat, ada yang masih tempel-tempel," tambahnya.


Lebih lanjut kata Andi Kaswadi, proses simulasi harusnya sama persis dengan kondisi saat pelaksanaan pemungutan suara. 


"Ini kan simulasi, harusnya beri contoh yang baik," sambungnya.


Mantan Ketua DPRD Soppeng itu mengingatkan, penyelenggara pemilu datang dan hadir tepat waktu pada pelaksanaan Pemilu.


"Jangan sampai nanti gara-gara Anda semuanya menjadi masalah. Kalau memang tidak siap dari sekarang kita katakan tidak siap," tegasnya.


"Daripada nanti, satu saja yang berbuat, KPU tercoreng secara nasional, begitupun Pemerintah Daerah juga tercoreng secara nasional," sambungnya.


Kaswadi berharap siapapun yang dilibatkan, termasuk aparat semuanya harus disiplin agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik.


Sekedar diketahui, simulasi yang digelar oleh KPU Soppeng diklaim sebagai momentum persiapan menuju 14 Februari 2024 nanti. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Soppeng, Irwan Usman saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.


Dimana, simulasi dan rekapitulasi suara ini juga untuk mengukur sejauh mana beban kerjanya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan didalam proses simulasi pemungutan suara ini.


Kegiatan simulasi ini juga merupakan kali keduanya digelar oleh KPU Soppeng. Sebelumnya dilaksanakan di Waduk Ompo, Rabu 27 Desember 2023 lalu. [Ikhlas/Afdal]




Komentar

Tampilkan

  • Bupati Kritik Kesiapan KPU Soppeng dalam Pemilu 2024
  • 0

Terkini

Iklan