Iklan

Iklan

Usai Ulangan Semester, UPT SMPN 2 Mare Bone Laksanakan Kemah Blok

21 Desember 2023, 9:27 PM WIB Last Updated 2023-12-21T13:27:26Z

Pembukaan Kemah Blok UPT SMPN 2 Mare di Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Kamis (20/12/2023)/ Foto : Rasuk

RAYATSATU.COM, BONE
- Untuk menyegarkan kembali mood siswa-siswi setelah melaksanakan kegiatan proses belajar dan ulangan semester. Sejumlah sekolah di Kecamatan Mare melakukan Porseni, basar, dan perkemahan. Kegiatan ini adalah masa yang ditunggu-tunggu dan waktu yang menyenangkan bagi siswa dan guru.


Khusus di UPT SMPN 2 Mare yang terletak di Desa Sumaling Kecamatan Mare, melaksanakan Porseni dan kegiatan Kepramukaan Kemah Blok di halaman UPT SMPN 2 Mare yang dibuka Sekcam Mare, Sainal Abidin pada hari Kamis (20/12/2023).


Plt. Kepala UPT SMPN 2 Mare, Saniati menuturkan bahwa pada jeda semester ini, sekolahnya melaksanakan Porseni dan kegiatan Kepramukaan Kemah Blok.


"Selain Porseni, kami juga melakukan Kemah Blok, karena kegiatan Kepramukaan sangat penting bagi peserta didik," ujar Saniati. 


"Apalagi kegiatan Pramuka bertujuan untuk membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda. Menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara," jelas Saniati. 


Ia juga menjelaskan, Kemah Blok ini merupakan salah satu model Pendidikan Kepramukaan. Oleh karena itu, para siswa harus bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik sebagai bagian upaya mewujudkan pribadi yang berkarakter mulia, seperti bertakwa kepada Tuhan YME, jujur, rendah hati, disiplin, dan pantang menyerah.


"Kemah Blok ini wajib diselenggarakan setahun sekali. Acara ini diselenggarakan selama tiga hari dua malam. Kemah Blok diawali upacara pembukaan," ujar Saniati. 


"Dengan adanya kegiatan kemah ini mampu mengajarkan kepada siswa untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong di kalangan murid. Sehingga mereka diharapkan memiliki tingkat kepribadian yang baik dengan rasa kepedulian sosial tinggi," ujarnya lagi. 


Sementara itu, Sekcam Mare, Sainal Abidin dalam sambutannya menuturkan, dengan berkemah, tubuh kita akan menjadi lebih aktif untuk bergerak, mulai dari menentukan area, menyusun tenda, mengeksplorasi area sekitar, dan menyiapkan makanan yang akan diolah nantinya. Untuk itu, pastikan kamu telah membawa alat kemah yang sesuai dan pastikan tidak ada yang tertinggal.


Lanjutnya, salah satu manfaat pramuka bagi siswa adalah meningkatkan kepercayaan diri. Dalam kegiatan pramuka, siswa akan belajar banyak hal baru yang mungkin tidak mereka ketahui sebelumnya, seperti cara berkemah, berorientasi, berkomunikasi, dan lain-lain.


"Pramuka sangat bermanfaat bagi generasi muda yakni sebagai salah satu wahana pengembangan bagi para generasi muda Indonesia, Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi luhur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang lebih ditujukan pada setiap kegiatannya.


"Kegiatan pendidikan kepramukaan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif," pungkasnya. [Ikhlas/Rasul]

Komentar

Tampilkan

  • Usai Ulangan Semester, UPT SMPN 2 Mare Bone Laksanakan Kemah Blok
  • 0

Terkini

Iklan