Iklan

Iklan

SMPN 2 Maros Juarai Lomba Sekolah Sehat Tahun 2023

01 Agustus 2023, 11:10 AM WIB Last Updated 2023-08-01T14:14:43Z

Foto bersama Bupati dan panitia lomba sekolah sehat tingkat SMP se-Kabupaten Maros, di Aula Dinas Pendidikan Maros, Selasa (1/8/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Hasil Pelaksanaan lomba sekolah sehat tingkat SMP se Kabupaten Maros pada bulan Juli 2023 lalu. SMP negeri 2 Maros terpilih juara satu. SMP negeri 15 Simbang juara dua dan SMP-IT Darul Istiqamah juara tiga. 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Maros Andi Patiroi yang dihubungi wartawan mengatakan Lomba sekolah sehat merupakan bentuk pembinaan sekaligus penghargaan kepada sekolah yang menjaga kesehatan siswa dan lingkungannya. 


Lingkungan sekolah yang sehat yaitu iklim secara fisik, emosional, dan sosial di sekolah yang dirancang untuk menyediakan suatu kehidupan lingkungan yang sehat dan mendukung serta membantu perkembangan dalam proses pembelajaran.


"Untuk tahun 2023 ini SMPN 2 Maros terbaik pertama dari seluruh SMP se Kabupaten Maros dalam kategori sekolah sehat," ujar Patiroi, Selasa (1/8/2023).


Dikatakan Kadis, lomba sekolah sehat (LSS) yang digelar ini menjadi pendorong semua sekolah untuk membangun kebiasaan perilaku yang sehat di lingkungan sekolah. 


"Saya berharap agar lomba sekolah sehat ini dapat dilakukan terus menerus sehingga nantinya sudah menjadi kebiasaan sehingga dapat menyelamatkan anak-anak kita dari berbagai ancaman penyakit.” harap Patiroi.


Kemudian lanjut Patiroi, Lomba sekolah sehat yang baru saja digelar telah memberikan penilaian terhadap kondisi sekolah meliputi ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas, ruang perpustakaan, tempat ibadah, ruang UKS, fasilitas sanitasi, kamar mandi, pelaksanaan trias UKS. Dengan demikian, SMP yang ikut lomba sekolah sehat tentunya semua tempat di lingkungan sekolah harus selalu bersih dan warga sekolah harus selalu berbudaya bersih dalam melaksanakan kegiatan di sekolah. 


Dari hasil penilaian lomba Sekolah sehat oleh tim juri dari unsur pengawas sekolah dan pejabat Disbudpar maka yang terpilihnya SMP negeri 2 sebagai sekolah sehat terbaik pertama, SMPN 15 Simbang terbaik kedua, SMP Darul Istiqamah terbaik ketiga dan terbaik harapan 1 SMP 23 simbang, terbaik harapan 2 SMP 3 Camba dan terbaik harapan 3 SMP negeri 18 Lau. 


Dengan adanya penetapan pemenang lomba sekolah sehat makan semua warga sekolah, terlebih siswa bisa terbiasa untuk hidup dengan budaya bersih dan sehat sehingga dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.


”Sekolah yang terpilih menjadi sekolah terbaik dan juara harapan terbaik dapat menumbuh kembangkan  kesadaran dan kepedulian siswa akan pentingnya menjaga lingkungan dan sanitasi yang sehat, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah masing masing,” tutup Kadis. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • SMPN 2 Maros Juarai Lomba Sekolah Sehat Tahun 2023
  • 0

Terkini

Iklan