Iklan

Iklan

10 Perpustakaan Desa di Maros Terima Bantuan Komputer

29 Mei 2023, 11:03 AM WIB Last Updated 2023-06-01T10:07:38Z

Bupati Maros menyerahkan secara simbolis bantuan komputer kepada 10 perpustakaan desa, di Tribun Utama Pallantikang Maros, Senin (29/5/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Maros 

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Pemerintah Daerah Kabupaten Maros menyerahkan bantuan komputer sebagai upaya digitalisasi kepada masing-masing 10 Perpustakaan Desa. Diserahkan di Tribun Utama Pallantikang Maros, Senin (29/5/2023).


Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Maros, AS Chaidir Syam dan Suhartina Bohari kepada masing-masing Kepala Desa. Penyerahan juga disaksikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amiludin A dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian, Andi Baso Arman.


Hal ini juga memperjelas komitmen Pemkab dalam menjadikan Maros sebagai Kabupaten Literasi. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amiludin A mengungkapkan, sebanyak 10 Kepala Desa hari ini menerima bantuan Komputer Replika Mandari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) Tahun 2023.


"Kita sementara mendorong perpustakaan berbasis inklusi sosial. Ini sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi masyarakat," ungkap Amiludin.


Menurutnya, masa kini perpustakaan berperan aktif dalam menjangkau masyarakat, bukan sekadar ruang untuk menyimpan buku. Perpustakaan bertransformasi menjadi inklusif, menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk berlatih secara kontekstual, berlatih keterampilan dan berbagi pengalaman.


"Disinilah peran kita memberikan bantuan digitalisasi berupa komputer bagi desa. Perpustakaan berbasis inklusi akan tercipta, dan masyarakat tidak lagi memiliki wadah untuk membaca tetapi juga memiliki wadah untuk berkegiatan ekonomi mikro demi peningkatan kesejahteraannya," beber Amiludin.


Sejalan dengan itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, melalui perpustakaan desa, masyarakat bisa membangun cognitive skill nya. 


"Kita cegah kemiskinan ekstrim kedepan. Tidak lagi ada miskin pengetahuan, juga tidak lagi ada masyarakat tidak berdaya," sebutnya.


Sekedar diketahui, kesepuluh desa penerima tersebut antara lain, Desa botolempangan Kec. Bontoa, Desa mattirotasi kec. Maros Baru, Desa Mangeloreng Kec. Bantimurung, Desa barugae Kec. Mallawa dan Desa barugae Kec. Mallawa.


Selain itu, ada Desa Tenrigangkae Kec.Mandai, Desa Baji Manggai Kec. Mandai, Desa Sambueja Kec. Simbang, Desa Pucak Kec. Tompobulu, Desa Benteng Gajah Kec. Tompobulu. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • 10 Perpustakaan Desa di Maros Terima Bantuan Komputer
  • 0

Terkini

Iklan